Si Jago Merah Hanguskan Kantor Bawaslu Kota Palangka Raya

Kantor Bawaslu Kota Palangka Raya di Jalan Tjilik Riwut Km.3 Palangka Raya, terbakar, Kamis (20/7/2023) dinihari. Foto : Am

Uang Tunai di Brangkas Rp100 Juta Jadi Arang

PALANGKA RAYA, kaltenghits.com – Usai Sholat Subuh, Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palangka Raya, Prov. Kalimantan Tengah, yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km.3, Kamis (20/07/2023) pagi, ludes terbakar.

Sampai berita ini tayang, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun api diduga berasal dari ruangan arsip. Dalam musibah kebaran ini juga uang tunai Rp100 juta yang disimpai dalam brankas ludes terbakar jadi arang.

Banyaknya bahan yang mudah terbakar di dalam kantor, yang berkonstruksi semi permanen, membuat api dengan cepat menjalar dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain dan sulit dipadamkan.

Tim pemadam kebakaran yang tiba di lokasi atas informasi dari masyarakat, langsung berupaya melakukan pemadaman dengan mengerahkan sejumlah mobil damkar dibantu relawan dan BPK.

Setelah berjibaku memadamkan api, kurang dari satu jam kemudian api berhasil dipadamkan petugas. Namun seluruh bangunan telah habis dilalap si jago merah berikut peralatan kantor, dokumen serta uang tunai Rp100 juta di dalam brangkas.

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati, mengatakan, kejadian diperkirakan sekitar pukul 04.30 WIB dan belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun diduga api muncul pertama kali dari ruangan arsip di bagian belakang kantor.

Meski tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Selanjutnya, kasus kebakaran ini kini telah ditangani petugas Polresta Palangka Raya dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi, dan mengumpulkan bukti di tempat kejadian perkara (TKP) guna mengungkap penyebab pasti kebakaran. (red)