Waspada! Lonjakan Kasus Covid-19 di Kalimantan Tengah Mulai Terjadi

Lonjakan Kasus Covid 19 Di Kalimantan Tengah Mulai Terjadi

Kaltenghits.com – Setelah beberapa bulan kasus Covid-19 di Kalimantan Tengah melandai, bahkan kerap kali nol kasus harian, kini lonjakan mulai terjadi. Data harian Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, per Selasa (01/02/2022), mengungkapkan adanya 26 kasus baru.

Munculnya 26 kasus baru Covid-19 itu terdapat di lima daerah, yakni di Palangka Raya 17 orang, Sukamara 1 orang, Seruyan 1 orang, Kapuas 6 orang, dan Gunung Mas 1 orang. Sehingga dari semula sebanyak 46.778 orang, kini jumlah total kasus Covid-19 di Kalteng telah mencapai 46.804 orang.

Sedangkan pasien dinyatakan sembuh sebanyak 1 orang. Dan pasien dalam perawatan ada penambahan sebanyak 25 orang. Sehingga dari semula 37 orang menjadi 62 orang

“Dengan mulai adanya lonjakan ini, Tim Satgas mengimbau agar selain dilakukan vaksinasi, penerapan protokol kesehatan (Prokes) sebagai kebiasaan hidup menjadi tuntutan dalam penanggulangan pandemi Covid-19,” kata Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, dalam rilisnya, Selasa (1/2/2022) sore.

Menyikapi mulai adanya lonjakan kasus baru ini, Pemerintah telah mempersiapkan sejumlah langkah antisipasi, seperti melakukan perbaikan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan sesuai dengan karakter varian Omicron serta menyediakan layanan telemedisin (aplikasi layanan kesehatan).

Untuk menghindari peningkatan beban pada tenaga dan fasilitas kesehatan, pemerintah mengimbau agar pasien tanpa ada gejala (asimtomatik) dapat melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah selama 5 hari. Sedangkan untuk pasien dengan gejala ringan, seperti batuk, pilek, atau demam, dapat menggunakan layanan telemedisin, ke Puskesmas, atau ke dokter terdekat.

“Mari tetap waspada, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, serta kurangi mobilitas yang tidak perlu,” imbau Tim Satgas Covid-19 Kalteng. (han)

data harian kasus covid-19 di kalimantan tengah