5 Strategi Pemberian Vaksin Covid bagi Masyarakat

5 Strategi Jitu Pemberian Vaksinasi Bagi Masyarakat – Biro Adpim.jpg

PALANGKA RAYA, kaltenghits.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) menegaskan bahwa vaksinasi menjadi salah satu pelindung dari virus penyebab Covid-19. Oleh karenanya, banyak pemerintah daerah yang berlomba-lomba mempercepat pelaksanaan vaksinasi di daerahnya.

Tim Satgas pun menyebutkan setidaknya ada 5 strategi pemberian vaksin Covid bagi masyarakat, yakni pemberian vaksinasi yang berbasis pada administrasi pemerintahan, seperti yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bali melalui kampung dan DKI Jakarta melalui Rukun Warga (RW).

Kemudian, dapat pula dilakukan dengan mengadakan pusat vaksinasi yang dapat diakses oleh masyarakat, seperti di lapangan, mal, dan komunitas; dengan pemberian vaksinasi berbasis mobile atau aktif mendatangi masyarakat; pemberian vaksinasi dari rumah ke rumah dengan target Lansia; atau dengan pemberian hadiah bagi masyarakat yang bersedia divaksinasi.

Mengingat pentingnya vaksinasi sebagai salah satu pelindung dari virus penyebab Covid-19, Tim Satgas senantiasa mengimbau masyarakat untuk bersedia divaksinasi, di samping menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari keramaian), serta melaksanakan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment).

Sementara itu, perkembangan data Covid-19 di Kalteng pada Selasa (8/2/2022), mengalami lonjakan sangat signifikan dibanding kasus harian dalam sepekan terakhir, di mana kasus konfirmasi mengalami penambahan 93 orang, yaitu di Palangka Raya 50 orang, Katingan 3 orang, Kotawaringin Timur 8 orang, Kotawaringin Barat 2 orang, Lamandau 2 orang, Sukamara 1 orang, Seruyan 1 orang, Pulang Pisau 2 orang, Kapuas 18 orang, Gunung Mas 3 orang, Barito Selatan 1 orang, dan Murung Raya 2 orang.

Sedangkan pasien sembuh ada penambahan 5 orang, yaitu di Katingan 3 orang, Sukamara 1 orang, dan Barito Timur 1 orang, dan pasien dalam Perawatan bertambah 86 orang, sehingga dari semula 239 orang menjadi 325 orang.

Setelah beberapa bulan nol kasus pasien meninggal, kini kasus pasien Covid-19 di Kalteng yang meninggal dunia kembali terjadi. Dua 2 orang, yaitu dari Kotawaringin Barat 1 orang dan Barito Timur 1 orang meninggal dunia akibat Virus Corona

Terkait Keterpakaian Tempat Tidur pada rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR), Tempat Tidur Intensif mengalami penurunan Tempat Tidur Terpakai (2,44%), sehingga dari 26,83% menjadi 24,39%, di mana tidak ada Kabupaten/Kota dengan BOR di atas 50%. Sedangkan Tempat Tidur Isolasi, mengalami peningkatan Tempat Tidur Terpakai (1,89%), sehingga dari 3,88% menjadi 5,77%, di mana tidak ada Kabupaten/Kota dengan BOR di atas 50%.

Sementara itu, terkait capaian vaksinasi di Kalteng sebesar 2.036.104, realisasi Vaksinasi Dosis I untuk tingkat Provinsi Kalteng telah mencapai 89,51%. Semua Kabupaten/Kota telah mencapai di atas 70% Vaksinasi Dosis I. (han)