Wow! Ular Piton Berukuran 4,5 Meter

Tim Rescue Damkar Evakuasi Ular Piton Berukuran 4,5 Meter

PALANGKA RAYA, Kaltenghits.com – Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Palangka Raya berhasil mengevakuasi seekor ular piton sepanjang 4,5 meter yang memasuki wilayah permukiman warga di Jalan Tjilik Riwut Km 17 pada Selasa malam (4/6/2024). Ular tersebut ditemukan bersembunyi di bawah rumah warga yang terbuat dari kayu.

Proses evakuasi berlangsung selama satu jam karena ukuran ular yang sangat besar dan pergerakannya yang agresif. Warga yang menemukan ular tersebut segera melaporkannya ke Damkar Kota Palangka Raya.

Menanggapi laporan tersebut, Tim Rescue Damkar segera menuju lokasi untuk melakukan evakuasi.
Kepala DPKP Kota Palangka Raya, Gloriana Aden, menyampaikan apresiasi kepada tim yang telah bekerja keras dalam evakuasi ular tersebut.

“Kami sangat bangga dengan kinerja tim yang selalu siap siaga dalam menghadapi situasi darurat seperti ini. Evakuasi ular piton sepanjang 4,5 meter ini bukanlah tugas yang mudah, terutama karena ular bersembunyi di bawah rumah kayu. Namun, berkat kerja sama dan koordinasi yang baik, proses evakuasi dapat berjalan lancar tanpa ada korban,” ujarnya.

Evakuasi ini dilakukan untuk memastikan keselamatan warga sekitar, mengingat ular piton berukuran besar dapat membahayakan warga.

Setelah berhasil ditangkap, ular piton tersebut kemudian dilepaskan kembali ke habitat alaminya yang jauh dari pemukiman warga.

Gloriana Aden juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan segera melaporkan ke petugas jika menemukan satwa liar yang memasuki area permukiman.

“Kami siap membantu kapan saja dan di mana saja untuk memastikan keamanan dan kenyamanan warga Palangka Raya,” tambahnya. (im/red)