Wagub Edy Pratowo Bertindak Selaku Inspektur Upacara Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Pulang Pisau

Wagub Edy Pratowo Bertindak Selaku Inspektur Upacara Hari Jadi Ke 22
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dalam kegiatan pembukaan Rakordalev yang digelar di Aula Bappedalitbang Kalteng pada Kamis (4/7/2024).

PULANG PISAU, Kaltenghits.com –  Wakil Gubernur Edy Pratowo menjadi Inspektur upacara pada peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Pulang Pisau yang digelar di halaman Kantor Bupati Pulang Pisau, Selasa (2/7/2024). Hari jadi mengusung tema “Berjuang Bersama Mewujudkan Pulang Pisay Basewut (Beragama, Agraris, Sehat, Inovatif, Wisata Unggul dan Terkoneksi)”.
Kabupaten Pulang Pisau yang dikenal sebagai Bumi Handep Hapakat ini genap berusia 22 tahun, sejak ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Kabupaten Pulang Pisau bersama 7 Kabupaten lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah.
Di kesempatan istimewa tersebut Gubernur melalui Wagub menyampaikan ucapannya. “Saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-22 Kabupaten Pulang Pisau. Semoga semakin maju pembangunannya, semakin berkualitas pelayanan publiknya, semakin sejahtera masyarakatnya,dan semakin makmur daerahnya,” ungkap Wagub saat membacakan sambutan Gubernur.
Lebih lanjut, semangat dan cita-cita suci lahirnya Kabupaten Pulang Pisau harus terus dijunjung sebagai landasan pembangunan. “Dalam usianya yang lebih dari dua dekade ini, berbagai progres positif pembangunan di segala bidang tentu sudah dirasakan,” tambah Wagub.
Salah satu prestasi yang diraih pada tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau kembali mempertahankan Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, yang menjadi keberhasilan untuk ke-9 kalnya secara berturut-turut.
Selain itu, pada Mei 2024 Kabupaten Pulang Pisau memperoleh penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, sebagai Daerah Kabupaten/Kota Terbaik Ill terbesar se-Indonesia dalam ajang Inabuyer Business To Business To Goverment Expo 2024, yang merupakan bentuk apresiasi atas dukungan pemanfaatan produk usaha mikro, kecil, dan koperasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.
“Untuk itu, saya juga menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para tokoh pendiri dan pendahulu, Bupati dan Wakil Bupati periode sebelumnya serta seluruh elemen masyarakat, atas kontribusinya terhadap kemajuan pembangunan yang ada di Kabupaten Pulang Pisau,” ucap Wagub.
Peringatan Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Pulang Pisau ini diharapkan menjadi momentum memperkokoh semangatkebersamaan untuk menumbuhkan kemakmuran daerah .
Gubernur mengajak seluruh elemen Kabupaten Pulang Pisau untukmenaruh perhatian pada beberapa sektor strategis yang menyentuh langsung oleh masyarakat, yaitu sektor pangan, kesehatan, dan pendidikan.
“Kita harus bahu-membahu mendukung keberhasilan Program Strategis Nasional Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau, sehingga mampu menjadi daerah lumbung pangan Kalimantan Tengah dan juga IKN,” ujar Wagub.
Wagub menambahkan, melalui APBD, Pemprov Kalteng telah membangun rice to rice milling yaitu mesin berteknologi pengubah beras biasa menjadi premium berkualitas tinggi. “Saat ini mesinnya masih dirakit di Surabaya, Insya Allah bulan September nanti sudah terbangun di Desa Panting, Pandih Batu Pulang Pisau,” ucap Wagub.
Gubernur melalui Wagub juga mengingatkan prioritas khususnya percepatan penurunan stunting, percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), infrastruktur untuk kemudahan akses mobilitas masyarakat, serta kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan. (BA/red)