Wagub Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak di Kalteng

Hadiri Peluncuran Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur 2024, Wagub Ajak

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com –  Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng), H Edy Pratowo menghadiri acara Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalteng Tahun 2024, bertempat di Gedung Pertemuan Kalawa Convention Center, Kota Palangka Raya, pada Jumat malam, 17 Mei 2024.

Acara peluncuran yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi tersebut menandai dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 di Kalimantan Tengah. Acara ini sekaligus untuk menyosialisasi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar 27 November mendatang.

Dalam sambutannya, Wagub Edy Pratowo menegaskan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) terhadap pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendukung sepenuhnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (dan pilkada kabupaten/kota, -red),” tutur Wagub.

Dikatakan Wagub, kesuksesan Pilkada Serentak 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU, Bawaslu, dan TNI-Polri saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama. Dukungan dari seluruh elemen bangsa menjadi kekuatan penting agar Pilkada berjalan baik, lancar, dan damai.

Untuk itu, Wagub mengajak seluruh masyarakat Kalteng untuk menyukseskan Pilkada, dengan berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya, mewaspadai hoaks, black campaign, money politic, dan isu sara, serta menjaga agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selalu harmonis dan kondusif.

“Agar (masyarakat Kalteng, -red) pada tanggal 27 November 2024 nanti berbondong-bondong ke TPS, untuk memberikan hak suaranya sesuai pilihan masing-masing, dan juga pastikan diri sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap. Mari kita sukseskan bersama-sama Pilkada Serentak 2024,” ajak Wagub.

Lebih lanjut, Wagub pun berpesan kepada KPU Provinsi dan para penyelenggara Pilkada se-Kalteng untuk melaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Pastikan tata kelola Pemilihan Kepala Daerah berjalan baik, meliputi kesiapan petugas, ketersediaan logistik, distribusi logistik, dan aspek-aspek lainnya, sehingga Pilkada Serentak di Kalimantan Tengah nanti dapat berjalan lancar, aman, dan sukses,” pungkas Wagub.

Sementara itu, Ketua KPU Kalteng Satriadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemprov Kalteng dan semua stakeholders, sehingga Pilpres kemarin berjalan baik. Dukungan yang sama juga diharapkan untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

“Kesuksesan penyelenggaraan (Pemilu, -red) di Kalimantan Tengah ini tentu tidak terjadi kalau tidak ada dukungan dari semua pihak. Kami terus berharap dukungan tersebut akan terus berlanjut pada saat pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 nanti,” kata Ketua KPU.

Turut pula hadir dalam acara yang dihadiri berbagai elemen masyarakat tersebut, antara lain Kapolda Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kajati Undang Mugopal, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin, Kasrem 102/PJG Kolonel Ulysses Sondang, dan Bawaslu Kalteng. (red)