Tunjukkan Komitmen Tingkatan Kualitas SDM, Gubernur Serahkan Beasiswa Kalteng Berkah Bagi Mahasiswa

Tunjukkan Komitmen Tingkatan Kualitas Sdm, Gubernur Serahkan Beasiswa Kalteng Berkah

SAMPIT, kaltenghits.com –  Dalam rangka mendukung pertumbuhan daerah Kalimantan Tengah, khususnya di sektor Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah fokus dalam percepatan peningkatan kualitas SDM. Salah satunya dengan memberikan dukungan pada para mahasiswa agar tetap bersemangat dalam menjalani studi nya di masing-masing Perguruan Tinggi.

Untuk itu, Gubernur Sugianto Sabran didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran hadir dalam acara launching penyaluran bantuan Beasiswa Kalteng Berkah bagi mahasiswa seluruh Kalimantan Tengah sekaligus penyaluran bantuan sosial bagi mahasiswa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Kegiatan tersebut digelar di area ikon Jelawat, Sampit, Kotim, Sabtu sore (6/1/2024). Turut hadir antara lain Bupati Kotim Halikinnor dan Wakil Bupati Kotim Irawati, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Muhammad Reza Prabowo, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kalteng serta mahasiswa perguruan tinggi di Kabupaten Kotim.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sugianto Sabran menekankan kembali bahwa generasi muda Kalimantan Tengah memiliki potensi untuk berkolaborasi dalam membangun Kalimantan Tengah tercinta.

Gubernur pun menyampaikan komitmen pemerintah untuk terus mendukung generasi muda Kalteng agar bisa memiliki kesempatan menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Salah satunya ditempuh melalui program bantuan beasiswa untuk mahasiswa melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

“Tetap berjuang pemuda Kalteng, tetap semangat meraih impian!,” kata Gubernur memekikkan semangat di hadapan para mahasiswa.

Selanjutnya, Gubernur berdialog akrab dengan sejumlah mahasiswa, menyerahkan simbolis bansos fungsi pendidikan bagi mahasiswa S1 di Kotim dan mahasiswa S1 se-Kalteng bahkan Gubernur juga menyerahkan bantuan usaha bagi mahasiswa yang memiliki usaha sebagai tambahan modal sebesar Rp 5 juta/orang.

Sementara itu, dalam laporan yang disampaikan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Muhammad Reza Prabowo disebutkan, jumlah total mahasiswa se-Kalteng 42.324 orang dari 31 PTN/PTS se-Kalteng. Rencana alokasi bantuan sosial untuk mahasiswa pada tahun 2024 ini untuk mahasiswa strata 1 (S1) total Rp. 53 Milyar dan strata 2 (S2) terseleksi total Rp. 3 Milyar.

Di samping itu, Gubernur Sugianto Sabran juga telah mengalokasikan bantuan sosial berupa sembako bagi mahasiswa melalui masing-masing Mess Himpunan Mahasiswa (HIMA) di Palangka Raya setiap bulannya.

Selain sembako, anggaran untuk pembinaan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan HIMA se- Kalteng juga telah dianggarkan untuk kegiatan-kegiatan produktif dan kreatif melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng. (red)