Status Tanggap Darurat Banjir di Kota Palangka Raya Diperpanjang Tiga Hari

Status Tanggap Darurat Diperpanjang Tiga Hari

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com  – Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Hendrikus Satria Budi menyampaikan status tanggap darurat banjir di Kota Cantik diperpanjang selama tiga hari mulai Senin 18 Maret 2024.

Sementara status tanggap darurat banjir yang ditetapkan selama tujuh hari telah berakhir, Minggu (17/3/2024). Budi menjelaskan pertimbangan perpanjangan status tanggap darurat banjir ini karena di sejumlah wilayah kelurahan masih terjadi genangan air.

“Sampai saat ini masih ada rumah yang terendam dan masih ada pengungsi yang masih tinggal di posko banjir, sehingga dengan petimbangan ini maka status tanggap darurat kita perpanjang,” tutur Budi, Senin (18/3) siang.

Budi mengatakan sampai saat ini sebagian posko banjir di beberapa kelurahan masih difungsikan, sedangkan di kelurahan yang wilayahnya sudah surut sudah di-off-kan.

Dari 20 kelurahan yang terdampak banjir, pihaknya menyebut sampai saat ini hanya di wilayah Kelurahan Langkai yang masih ada pengungsi yang menempati aula SDN 1 Langkai.

Budi juga melaporkan kondisi banjir di wilayah Kota Cantik berangsur surut. Setiap hari ada penurunan debit air sekitar 5-20 centimeter. (im/red)