Ribuan Masyarakat Murung Raya Meriahkan Pawai Takbiran

1004 Takbiran Mura

PURUK CAHU, KaltengHits.com – Ribuan masyarakat Murung Raya (Mura) antusias mengikuti dan menyaksikan semaraknya pelaksanaan pawai gebyar gema takbir keliling menyambut hari kemenangan Idulfitri 1 Syawal 1445 H.

Malam takbiran diikuti oleh sejumlah masjid yang ada di kota Puruk Cahu dan juga mushola serta juga ormas Islam yang ada di Murung Raya dan lainnya. Adapun peserta yang mengikuti lomba pada saat malam takbiran itu baik kendaraan roda dua, roda empat.

Star pawai dimulai dari halaman Masjid Agung Al-Istiqlal Puruk Cahu melintasi jalan Jenderal Sudirman, Ahmad Yani, Untung Suropati, Sanggrahan, Veteran, Sengaji kemudian menuju jalan Ahmad Yani dan kembali ke jalan Jenderal Sudirman finis Bundaran Emas, Rabu (9/4/2024) malam.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, pada malam yang membahagiakan ini, seluruh kaum muslimin di tanah air mengumandangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid, untuk mengagungkan kebesaran Ilahi Rabbi, memuji-Nya dan memanjatkan rasa syukur kepada-Nya. Kaum muslimin dengan penuh sukacita merayakan kemenangan dari peperangan yang besar, yaitu perang melawan hawa nafsu. Perang melawan hawa nafsu itu, Insya Allah berhasil kita menangkan dengan penuh rasa penyerahan diri kepada Allah SWT,” kata Kalaksa BPBD Kab. Mura, Fitrianul Fahriman saat membacakan sambutan Pj Bupati Mura.

Dikatakan, penyelenggaraan Lomba Pawai Takbiran ini, juga merupakan wujud ekspresi kegembiraan kita bersama dengan seluruh umat muslim di tanah air setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Kegiatan yang menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan konstruktif ini, diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi umat muslim dalam menyambut momentum hari kemenangan.

“Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan medium untuk mempererat tali silaturrahmi, baik antar sesama umat muslim maupun antar umat beragama lainnya, sehingga kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar Islam ke tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi,” tuturnya. (red)