Rakorda Perencanaan Pusat dan Daerah Bidang Koperasi dan UMKM

Wagub Buka Rakorda Perencanaan Pusat Dan Daerah Bidang Koperasi Dan
Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com –  Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), digelar di Hotel Best Western, Palangka Raya, Senin (29/4/2024).

Rakorda dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Edy Pratowo didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah Norhani.

Mengangkat tema “UKM Bersatu, Berkembang dan Berdaya Saing Melalui Inkubator Bisnis”, Rakorda ini digelar dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kesinambungan bidang pembangunan koperasi dan UKM, strategi program pusat dan daerah untuk meningkatkan kontribusi dan peran UKM dalam perekonomian daerah, serta menginventarisasi masalah yang dihadapi UMKM.

Wagub menyambut baik terselenggaranya Rakerda ini. “Forum ini sangat strategis untuk memperkuat sinergi dan kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan Koperasi dan UKM,” ungkapnya.
Wagub menjelaskan UKM merupakan pilar penting untuk pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun daerah. “Anggota Koperasi sebagian besar juga pelaku UMKM. Maka perlu kita dukung bersama dengan menggerakan sektor strategis dan potensi unggulan untuk mengangkat perekonomian daerah,” imbuhnya.

Lebih jauh, guna menguatkan kualitas UMKM yang bernilai ekonomi dan daya saing tinggi, perlu ada kajian pembentukan dan pengembangan program inkubasi terpadu pusat daerah yaitu lembaga penyediaan layanan dan fasilitas.

“Tentunya ini membutuhkan dukungan seluruh Kepala Dinas yang membidangi UMKM Kabupaten/Kota untuk mempercepat pencapaian UMKM Kalteng naik kelas,” pungkas Wagub.

Turut hadir antara lain sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, para Kepala Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota se-Kalteng, dan tim motivator. Sementara itu selaku narasumber hadir secara zoom Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI. (BA/Red)