Pj Wali Kota Palangka Raya Pimpin Ritual Mamapas Lewu

Pj Wali Kota Palangka Raya Pimpin Ritual Mamapas Lewu

Palangka Raya, kaltenghits.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu memimpin prosesi ritual Mamapas Lewu yang ditandai dengan penguburan kepala kerbau.

Kegiatan ini berlangsung di halaman belakang kantor Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Palangka Raya, Minggu (17/12/2023).
“Kegiatan ini merupakan ungkapan syukur kepada roh-roh penjaga Palangka Raya selama tahun 2023,” kata Pj Wali Kota, Hera Nugraha.

Hera mengatakan, tujuannya tidak hanya sebagai ungkapan terima kasih, tetapi juga sebagai upaya untuk mengusir aura negatif serta roh-roh jahat, sebagaimana yang disampaikan oleh tokoh-tokoh adat dan masyarakat setempat. Meskipun diwarnai oleh hujan gerimis, keseluruhan prosesi Mamapas Lewu berjalan dengan khidmat dan lancar.

“Acara ini menjadi momentum penting dalam memelihara tradisi dan kepercayaan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi, serta menunjukkan kesungguhan pemerintah daerah dalam mendukung warisan budaya dan spiritualitas,” pungkasnya. (im/red)