Pemprov Kalteng Tanda Tangani Kesepakatan Kerja Sama dengan ITB

0401 Nuryakin
Pemprov Kalteng melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) dengan ITB di Ruang Rapim A Kampus ITB, Jalan Tamansari, Bandung, Kamis (4/1/2024).

BANDUNG, kaltenghits.com – Mengawali tahun baru 2024, Gubernur Sugianto Sabran, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Nuryakin, melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).
Sekda Nuryakin beserta rombongan diterima oleh Sekretaris ITB Prof. Dr. Ing. Ir. Widjaja Martokusumo dan para Dekan ITB di Ruang Rapim A Kampus ITB, Jalan Tamansari, Bandung, Kamis (4/1/2024).

Ruang lingkup kerja sama kali ini, meliputi Reklamasi Pertambangan, Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai dan Kehutanan, Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peningkatan Sumber Daya Perikanan dan Kelautan, serta bidang-bidang lain yang masih dikaji.

Hal tersebut dikemukakan Sekda dalam sambutan Gubernur yang dibacakannya. “Selanjutnya, dukungan kajian riset merupakan support bagi Pemerintah Daerah dalam memutuskan kebijakan, sehingga kerja sama tentang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Peningkatan Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) dengan Institut Teknologi Bandung menjadi semacam komunikasi dalam langkah strategis kebijakan serta inovasi daerah,” tutur Sekda.

Ia melanjutkan Pemprov Kalteng siap menjadi fasilitator kerja sama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta untuk meningkatkan SDM di Kalteng.

Sebagai Provinsi dengan luas 1,5 kali Pulau Jawa, kepadatan penduduk 17 jiwa/km2, dan kekayaan alam melimpah, serta menjadi daerah yang sangat dekat dengan Ibu Kota Nusantara, maka Kalteng dinilai perlu menyiapkan SDM dan perencanaan yang baik.

“Saya rasa sangat penting dukungan dan kerja sama dari ITB. Kesepakatan bersama ini diharapkan memberikan kontribusi terkait Penelitian, Pembangunan, dan Pengembangan Potensi Sumber Daya yang Dimiliki Daerah Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Di samping itu, strategi kesepakatan bersama ini diharapkan dapat mendorong percepatan berbagai program pembangunan dan kemajuan segala sektor di Kalteng.

Sementara itu, Sekretaris ITB Widjaja Martokusumo mengatakan bahwa Kalteng berpotensi sekali menjalin kerja sama dengan ITB. Bahkan, Widjaja menuturkan keinginannya beserta tim bertandang ke Kalteng untuk belajar dan melihat Kalteng sebagai salah satu provinsi terluas di Indonesia. Ia pun berharap komunikasi Pemprov Kalteng dengan para Dekan ITB tetap terjalin intensif guna menindaklanjuti kerja sama ini.

Turut hadir mendampingi Sekda Nuryakin, antara lain Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Kepala Bappedalitbang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Kominfosantik, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan, Kepala Dinas P3APPKB, Kepala RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dirut Bank Pembangunan Daerah Kalteng, serta Kepala Biro Administrasi Pimpinan.

Sedangan dari ITB, Sekretaris didampingi para Dekan Fakultas terkait, antara lain Dekan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Dekan Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Dekan Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan. (red)