Pemprov Kalteng Siap Kolaborasi dalam Upaya Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Masyarakat

Wagub: Pemprov Kalteng Siap Kolaborasi Dalam Upaya Tingkatkan Keimanan Dan

PALANGKA RAYA, kaltenghits.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menghadiri acara Peresmian Masjid Natabel Jannah yang berlokasi di Jalan Lamtoro Gung, Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya pada Jumat (12/1/2024).

Di sela-sela acara Peresmian Masjid Natabel Jannah, Wagub Edy Pratowo menyampaikan selamat dan terima kasih atas diresmikannya mesjid seluas 450 meter persegi ini oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo selaku pendiri masjid.
“Yang pertama, kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Pak Dedi Prasetyo (Asisten SDM Kapolri, red) karena Masjid Natabel Jannah ini hari ini bsa diresmikan,” ucap Wagub di hadapan awak media.

Lebih lanjut, Wagub Edy Pratowo mengungkapkan peresmian masjid ini juga dapat diartikan sebagai bentuk kepedulian dan rasa simpati terhadap warga sekitar dalam meningkatkan keimanan, beribadah, dan kemampuan membaca ayat suci Al Qur’an.

“Ini juga sebagai bentuk kepedulian, rasa simpati Beliau terhadap warga masyarakat yang ada di lingkungan ini dan masjid ini dibangun lengkap dengan pusat pendidikan anak-anak untuk dapat menghafalkan Al Qur’an,” paparnya.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng pun, menurut Wagub, siap berkolaborasi dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga masyarakat kepada Allah SWT.

“Dan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga merasa terbantu, bersyukur ada rasa peduli dan kita siap berkolaborasi, membantu apa-apa yang bisa kita lakukan karena membina warga masyarakat kita untuk selalu taat menjalankan ibadah, hafal Al Qur’an juga tugas kita bersama,” pungkas Wagub Edy Pratowo.

Sebelumnya, Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto dalam sambutannya menekankan bahwa masjid Ini bukan hanya dilihat sebagai suatu sarana fisik tempat ubadah semata, akan tetapi fungsi masjid pada hakikatnya adalah membangun jemaah dan membina basis dakwah yang akan bermuara pada kualitas umat.

Kapolda pun berpesan kepada seluruh personel Polda Kalteng dan seluruh lapisan masyarakat agar selalu menjaga keamanan dan fasilitas masjid, sehingga keberadaanya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Harapan saya, jadikan masjid ini untuk meningkatkan kemampuan spritual, menjadi tempat kesejukan untuk kita, tularkan semua toleransi di tempat ibadah,” harapnya.

Sementara itu, peresmian Masjid Natabel Jannah oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo ditandai oleh penandatanganan prasasti, pemotongan pita, dan pembukaan tirai yang menutup papan nama masjid.

Selepas peresmian, acara dilanjutkan dengan peninjauan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), Rumah Kaum, dan Tempat Wudu yang berada di Kompleks Masjid Natabel Jannah serta Salat Jumat berjamaah di masjid tersebut.

Tampak hadir pula dalam acara ini, antara lain Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, Ketua MUI Kalteng H. Khairil Anwar, Penjabat (Pj.) Wali Kota Palangka Raya atau yang mewakili, Kakanwil Kemenag Kalteng atau yangg mewakili, Ketua PWNU Kalteng atau yang mewakili, serta Ketua PW Muhammadiyah Kalteng atau yang mewakili. (red/BA)