Pemko Palangka Raya Dukung Penuh Perkembangan Destinasi Wisata

Pemko Palangka Raya Dukung Penuh Perkembangan Destinasi Wisata
Objek Wisata Air Hitam Sabangau Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com – Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Palangka Raya, Iin Hendrayati Idris mengatakan, Pemerintah Kota Palangka Raya sangat mendukung banyaknya atau bertumbuhnya tempat wisata di kota setempat saat ini.

“Pemerintah Kota Palangka Raya mendukung penuh berkembangnya tempat wisata. Baik destinasi wisata yang dikelola oleh pemerintah, maupun obyek wisata yang dikelola atau dimiliki oleh perorangan atau masyarakat,” ungkap Iin, Kamis (11/4/2024) di Palangka Raya.

Menurutnya, pertumbuhan atau hadirnya obyek maupun destinasi wisata saat ini menunjukan potensi kepariwisataan yang berada di Kota Palangka Raya sangat menjanjikan.
Melihat dari itu, maka Pemerintah Kota Palangka Raya berupaya memberikan dukungan, agar keberadaan tempat wisata tersebut dapat eksis, dan memberi warna bagi daya tarik wisata di Kota Palangka Raya.

“Dukungan yang diberikan Pemerintah Kota Palangka Raya itu seperti membantu dalam hal promosi wisata melalui media sosial, website, kampanye wisata lainnya. Salah satu contoh, menyediakan pusat informasi wisata yang berada di area kedatangan Bandara Tjilik Riwut, berupa penyediaan peta wisata dan buku saku wisata,” sebut Iin.

Berikutnya, dukungan Pemerintah Kota Palangka Raya lainnya yakni perbaikan sarana parasarana pendukung wisata. Seperti perbaikan infrastruktur jalan umum dan sarana lainnya.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perhubungan juga menyediakan layanan transportasi umum menuju lokasi wisata.

Selanjutnya, Pemerintah Kota Palangka Raya juga secara rutin melakukan pelatihan, pendampingan dan pembinaan terkait meningkatkan kualitas tata kelola destinasi wisata. Termasuk kualitas layanan wisata dan produk wisata.

“Termasuk secara rutin di setiap liburan-liburan hari raya keagamaan dan tahun baru, melakukan pengawasan dan penegakan aturan terkait lingkungan, keamanan dan kebersihan destinasi wisata, untuk menjaga kelestarian alam dan budaya lokal,” tutur Iin. (im/red)