Pemko Fokus Tangani Pengungsi Pasca Kebakaran Flamboyan Bawah

Pemko Fokus Tangani Pengungsi Pasca Kebakaran Flamboyan Bawah

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com – Sebuah tragedi kebakaran hebat melanda wilayah Kelurahan Langkai, khususnya di komplek Flamboyan Bawah, Kota Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

Api melahap 42 rumah warga, memaksa 42 Kepala Keluarga yang terdiri dari 172 jiwa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Lurah Langkai, Sri Wanti mengungkapkan bahwa Pemko Palangka Raya saat ini sedang memfokuskan upaya penanganan para pengungsi.

“Upaya penanganan dan pemulihan bagi warga terdampak kebakaran sangat penting dilakukan dan saat ini bersama intansi terkait berkolaborasi dalam penanganan warga khususnya yang sedang mengungsi,” ucapnya.

Untuk pasokan konsumsi dan pendirian posko pengungsian pihaknya telah mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial dan BPBD Kota Palangka Raya yang bergerak cepat dalam penanganan kebakaran.

“Pendirian tenda telah dilakukan dan konsumsi akan terus disalurkan kepada warga, sementara untuk tambahan kami akan segera mendirikan dapur umum di posko pengungsian,” tambahnya.

Dirinya tidak menampik akibat kebakaran ini membuat sebagian warga trauma dan memanfatkan rumah ibadah sebagai lokasi pengungsian sementara dengan alasan lebih dekat dari rumah lokasi kebakaran.

Ke depan pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan bantuan serta dukungan moral kepada para korban yang terdampak. (im/red)