Pemko Bentuk TRC, Upaya Meminimalkan Dampak Bencana di Palangka Raya

Pemko Bentuk Trc, Upaya Meminimalkan Dampak Bencana Di Palangka Raya

PALANGKA RAYA, Kaltenghits.com – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar sosialisasi pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana multi sektor di aula Peteng Karuhei II Kantor Wali Kota Palangka Raya, Jumat (7/6/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan.
Dalam sambutannya, Sahdin Hasan mengatakan, sehubungan dengan seringnya terjadi bencana di Kota Palangka Raya, maka diperlukan kerja sama dalam penanganannya guna meminimalkan dampak bencana bagi masyarakat dan lingkungan melalui pembentukan TRC multi sektor penanggulangan kebencanaan.

“Pembentukan TRC multi sektor ini nantinya akan bertugas melakukan pengkajian secara cepat dan tepat terhadap kerusakan sumber daya akibat bencana dan menentukan status keadaan darurat bencana,” ucap Sahdin.

Selain itu lanjutnya, TRC bertugas menyelamatkan dan mengevakuasi masyarakat yang terkena bencana, memenuhi kebutuhan dasar korban, melindungi kelompok rentan, serta memulihkan segera prasarana dan sarana vital.

“Melalui pembentukan TRC ini, diharapkan Kota Palangka Raya dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai jenis bencana, serta meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar instansi dalam upaya penanggulangan bencana,” harapnya.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari TNI, Polri dan relawan kebencanaan serta menghadirkan narasumber dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (im/red)