Pemkab Seruyan Diminta Lirik Keberadaan UMKM

Zuli Eko 2
Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo

KUALA PEMBUANG, kaltenghits.com – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan untuk mulai melirik dan memperhatikan keberadaan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Bumi Gawi Hatantiring.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengatakan, hal ini dilakukan mengingat sejumlah infrastruktur khususnya jalan sudah cukup memadai untuk dipergunakan.

“Kalau saya menilai, infrastruktur jalan kita sudah cukup layak. Artinya sudah tembus dan bisa dilalui. Makanya saya rasa sudah saatnya pemerintah daerah itu memikirkan dan melirik program-program yang sifatnya pemberdayaan atau peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah keberadaan para pelaku UMKM,” kata Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, Selasa (7/2/2023) lalu.

Menurutnya, para pelaku UMKM tersebut meliputi berbagai sektor, mulai dari yang sifatnya kuliner, kerajinan tangan, pertanian, perkebunan, perikanan sampai dengan peternakan. Terlebih, Kabupaten Seruyan sendiri didukung dengan ketersediaan Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah. Yang otomatis juga menjadi salah satu penyangga untuk keberhasilan program tersebut.

“Contohnya perikanan, kita di sini potensial, pertanian sampai dengan peternakan. Sekarang tinggal bagaimana pemerintah bisa memberdayakan dan mendukung para pelaku UMKM di sini dengan program-program,” pungkasnya. (red)