Nuryakin Resmi Daftarkan Diri Sebagai Bakal Calon Gubernur Kalteng ke Gerindra dan Nasdem

Nuryakin Mendaftar Ke Nasdem
DAFTAR CALGUB - H Nuryakin dalam melakukan pendaftaran di Partai Gerindra maupun Nasdem,tadi didampingi Pengurus NU, Muslimat NU, Fatayat NU, GP. Ansor, Pengurus Pakuwojo dan Pengurus Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB). Foto : Ist

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com – Kontestasi politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah mulai menunjukkan geliat di Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila. Sejumlah nama mulai bermunculan wara-wiri di media masa maupun media sosial.

Nama-nama yang beredar pun memiliki peluang untuk ikut berkompetisi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah November  2024 mendatang. Sejumlah nama yang beredear cukup dikenal oleh masyarakat, sebut saja diantaranya H. Agustiar Sabran, H. Edy Pratowo, H. Abdul Razak, H. Nadalsyah, Rahmat Nasution Hamka, hingga Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H. Nuryakin yang masih aktif sebagai pegawai Negeri Sipil.

Diantara  nama-nama tersebut, diketahui telah mendaftarkan diri ke partai Politik sebagai Bakal Calon Gubernur Kalimantan Tengah.

Nuryakin Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, yang selama ini belum secara resmi menyatakan kesiapannya turut bertarung dalam Pilkada Gubernur Kalimantan Tengah, maupun dalam Pilkada Kabupaten Murung Raya, Jum’at (3/5/2024) mengejutkan secara resmi mendaftarkan diri ke DPD Partai Gerindra dan DPW Partai Nasdem sebagai Bakal Calon Gubernur Kalimantan Tengah.

Kedatangannya di kantor DPD Partai Gerindra Provinsi Kalimantan Tengah diterima langsung oleh Ketua DPD Partai Gerindra H. Iwan Kurniawan. Begitupun halnya setibanya di Kantor DPW Partai Nasdem Provinsi Kalimantan Tengah, kedatangan PNS aktif dengan golongan top karier Pembina Utama IV/e tersebut, diterima langsung oleh Ketua Dewan Pengarah Penjaringan Pilkada    H. Ujang Iskandar dan Sekretaris DPW Hj. Mukaramah.

Usai mendaftarkan diri pada kedua Partai Politik tersebut, kepada sejumlah awak media Nuryakin menuturkan bahwa keinginannya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah, didorong oleh spirit sebagai warga negara untuk turut serta membangun Kalimantan Tengah, dalam melanjutkan dan memantapkan cita-cita besar para pendahulu pendiri dan pemimpin Kalimantan Tengah, hingga saat ini.

“Tidak ada hal yang mendasar dari nawaitu saya ingin turut dalam kontestasi Pilkada kali ini, selain ingin berkontribusi maksimal dalam membangun daerah yang kita cintai bersama ini. Jika Allah SWT memberikan jalan dan Amanah ini, saya wakafkan dan dedikasikan hidup dan pengabdian saya untuk Kalimantan Tengah. Karier sebagai abdi negara selaku PNS sudah saya capai dengan mencapai puncak karier pejabat eselon satu, dan pangkat IV/e dan pernah menjadi Wakil Bupati, saatnyalah pengalaman itu saya dedikasikan untuk membanguin Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Disinggung kemungkinan lain ikut dalam kontestasi politik Pilkada Murung Raya, secara diplomatis Nuryakin menjawab bahwa kemungkinan tersebut bisa saja terjadi, mengingat ia merupakan putra daerah Kalimantann Tengah yang berasal dari Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya, dan pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Murung Raya mendampingi Willy M. Yoseph periode 2008-2013.

“Kita cermati perkembangannya dulu, tentu setiap orang akan bercita-cita yang lebih besar dan luas, sehingga apa yang kita lakukan pun akan berdampak lebih bermanfaat secara luas. Segala sesuatu bisa saja berubah sesuai kondisi yang berkembang. Sebagai manusia, kita hanyalah merencanakan, Tuhan jualah sebagai penentu segalanya,” timpalnya.

Ketika ditanya awak media apakah Nuryakin sudah mempersiapkan Visi dan Misi untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur Kalimantan Tengah, ia menjawab sudah mempersiapkan dengan baik Visi yang akan diusung yaitu KALTENG BAIMBAI, dan untuk mewujudkan visi tersebut, akan diimpelentasikan melalui 3 Misi.

“Kalteng BAIMBAI adalah akronim dari Terwujudnya Kalimantan Tengah yang Bermartabat, Inovatif, Maju dan Berkeadilan. Sementara untuk Misi diantaranya  Meningkatkan kualitas SDM, memajukan dan  akselerasi akses dan sistem pendidikan, kesehatan, kebudayaan, perekonomian, sosial, hukum, serta pemerintahan yang ber-impact factor, bersih dan modern. Tidak kalah pentingnya adalah mewujudkan pemerataan pembangunan wilayah yang berkeadilan,” pungkasnya.

Dikutip dari berbagai sumber, H. Nuryakin merupakan putra asli Bakumpai DAS Barito, kelahiran Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya, 58 tahun silam, putra dari pasangan Intan Kuet dan Hj. Sabariyah. H Nuryakin memulai debut karier  sebagai PNS sejak tahun 1991 di Kabupaten Barito Utara, hingga dirinya dipercaya sebagai wakil kepala daerah, yakni Wakil Bupati Murung Raya periode 2008-2013, yang selanjutnya kembali aktif  menjadi PNS di Pemerintah Kabupaten Barito Utara. Sejarah pun tak berbalik hulu, karier PNS nya setelah hijrah ke provinsi makin cemerlang. Setelah menjabat Kepala Badan Keuangan dan Aset, Nuryakin didapuk menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalmantan Tengah hingga saat ini. Sebuah karier tertinggi selaku PNS di provinsi, yang merupakan satu-satunya pejabat eselon I, dengan pangkat/golongan Pembina IV/e.

Dari jejak rekam H. Nuryakin, baik sebagai birokrat maupun pejabat politik, tidaklah berlebihan jika banyak kalangan memandang bahwa ia merupakan salah satu sosok yang cukup mumpuni dan pantas dalam memimpin Kalimantan Tengah mendatang. (*red)