Musrenbangnas Untuk Sinkronisasi Program Pembangunan

Musrenbangnas, Sinkronisasi Program Pembangunan

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu didampingi Pj Sekda Kota Palangka Raya, Achmad Zaini menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2024, di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

“Musrenbangnas Tahun 2024 ini mengusung tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan,” kata Hera dalam rilisnya, Senin (6/5/2024).

Disampaikan Hera, sebagai bagian dari agenda Musrenbangnas, maka jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya berkesempatan mengunjungi Expo Pembangunan Daerah.

“Kami berkesempatan mengunjungi serta melihat secara langsung stan dari kegiatan expo berbagai inovasi dan potensi pembangunan dari berbagai daerah di Indonesia. Tentu hal ini bisa menjadi bahan masukan bagi Kota Palangka Raya dalam berbagai aspek ekonomi maupun pembangunan,” tuturnya singkat.

Adapun Musrenbangnas itu dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan sejumlah Menteri, pejabat tinggi negara, para Gubernur, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan, saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi yang tidak mudah serta tantangan yang tidak gampang.

Jokowi mengungkapkan, pemerintah Indonesia telah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang, bahkan juga sudah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan masuk ke tahunan masing-masing daerah juga telah memiliki Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

Karenanya, Presiden meminta agar rencana kerja tersebut atau rencana besar yang telah disusun oleh pemerintah ini harus sinkron.

“Sinkronisasi antara Sekretariat Daerah (Setda) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menjadi kunci dalam perencanaan pembangunan di daerah,” tegas Presiden. (Im/red)