Kalteng Siap Rancang Blue Print Arah Pembangunan ke Depan

Kalteng Siap Rancang Blue Print Untuk Arah Pembangunan Lebih Maju
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan merancang dokumen blue print atau cetak biru rencana jangka panjang arah pembangunan.

Blue print atau cetak biru dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kerangka kerja terperinci yaitu sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan.

“Kita Kalimantan Tengah belum punya blue print. Blue print itu penting siapa pun Gubernur siapapun jadi Bupati ini butuh,” kata Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran di kegiatan Halal bi Halal dan Ekspose Capaian Pembangunan Pemerintah Kalteng Periode 2016 – 2024 di Aula Jayang Tingang, Kamis (2/5/2024).

Dia meminta dan menugaskan Kepala Bappedalitbang untuk mengandeng universitas ternama di Indonesia untuk merancang blue print arah pembangunan Kalimantan Tengah.

“Saya tugaskan Kepala Bappedalitbang untuk Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada dan universitas yang masuk lima besar supaya membentuk blue print,” ungkapnya.

Di Kalteng tambahnya kerap terjadi beberapa hal terkait peruntukan lahan.Lahan untuk tambang semisalnya di atasnya ada kebun.

“Daerah pertanian, di Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, Sampit kita buat blue printnya jadi itu tidak bisa difungsikan lagi untuk ijin kebun untuk komoditi yang lain tapi.khusus untuk kepentingan pangan,” tambahnya.

Sekali lagi dia menegaskan blue print ini menjadi panduan, petunjuk membangun Kalteng yang semakin maju. Kerjasama dengan Kabupaten/Kota untuk menyambut Kalteng lebih maju dab siapa pun gubernurnya.

“Untuk tambang, jangan lagi di bawah tambang di atas kebun, ini terjadi di Kalteng banyak sekali. Karena ini jadi panduan petunjuk bagi kita untuk membangun Kalimantan Tengah,” tegasnya. (BA/Red)