Jelang Ramadhan, Bulog Pastikan Stok Beras Mencukupi

Jelang Ramadan, Bulog Pastikan Stok Beras Mencukupi

Palangka Raya, kaltenghits.com – Badan Urusan Logistik (Bulog) Kalimantan Tengah memastikan stok beras mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan. Hal ini disampaikan Kepala Bulog Kalteng, Budi Cahyanto usai mendampingi Pj Wali Kota Palangka Raya melakukan inspeksi mendadak kebutuhan pokok di Pasar Besar Palangka Raya, Senin (19/2/2024).

“Saat ini stok beras Bulog di seluruh wilayah Kalimantan Tengah mencapai 17.500 ton yang tersebar di berbagai kabupaten/Kota. Untuk Kota Palangka Raya sendiri, stok beras mencapai kurang lebih 3.000 ton, dan kami akan terus mendatangkan pasokan tambahan hingga menjelang bulan Juni 2024,” ujar Budi.

Dirinya juga mengakui adanya kenaikan harga beras belakangan ini, yang disebabkan oleh cuaca ekstrem akibat El Nino di daerah produsen beras. El Nino menyebabkan mundurnya masa tanam padi, yang berdampak pada ketersediaan beras di pasaran.

“Stoknya kuat dari segi penguasaan di Bulog, hanya kondisi beras saat ini sedang naik harganya akibat cuaca ekstrem El Nino yang terjadi di daerah produsen sehingga masa tanam menjadi mundur dan waktu panen menjadi mundur,” tambahnya.

Meskipun demikian, dengan waktu panen yang mundur dan mengakibatkan kekurangan pasokan dipasar, Bulog Kalteng telah mengambil langkah strategis dengan terus mengisi kekosongan pasokan beras ke pasar.

Budi mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak khawatir akan ketersediaan beras selama bulan Ramadan. Bulog berkomitmen dalam mendukung kesejahteraan masyarakat selama bulan suci Ramadan nanti. (im/red)