Ini Alasan Asprov PSSI Batalkan Liga 3 Zona Kalteng

leonard s ampung liga 3 zona kalteng batal
Ketua Umum Asprov PSSI Kalteng Leonard S Ampung

PALANGKA RAYA, kaltenghits.com – Ketua Umum Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S Ampung, memastikan Liga 3 zona Kalteng yang sejatinya akan dimulai hari ini (3/1/2022) dipastikan batal digelar.

Menurut Leonard, keputusan pembatalan tersebut berdasarkan hasil technical meeting peserta kompetisi Liga 3 Kalteng, dimana hanya satu klub yang menyatakan siap bertanding.

“Atas dasar itu, sehingga Asprov PSSI Kalteng memutuskan untuk tidak menyelenggarakan kompetisi Liga 3 Kalteng tahun 2021 yang disampaikan melalui surat pemberitahuan tertanggal 31 Desember 2021,” kata Leonard, Minggu (2/1).

Leonard juga mengaku, tidak diselenggarakannya kompetisi Liga 3 Zona Kalteng itu disampaikan setelah pihaknya berkoordinasi dengan PSSI pusat, serta komunikasi dan koordinasi dengan Exco dan panitia.

Selain itu, imbuh dia, Asprov PSSI Kalteng sebelumnya juga di-deadline oleh PSSI pusat hingga pukul 13.00 Wib pada 31 Desember  2021, terkait kesiapan pelaksanaan Liga 3 Zona Kalteng. Sehingga hari itu juga akhirnya dilaksanakan technical meeting dengan klub-klub peserta secara virtual melalui zoom meeting.

Technical meeting yang dipimpin sekretaris panitia Abdian Noor dan wakil sekretaris panitia Sugianto itu ternyata hanya diikuti dua klub, yaitu Sylva FC dan Kalimantang Persemura.

“Pada technical meeting itu, PS Kalimantang Persemura menyatakan tidak siap untuk ikut kompetisi karena terkendala biaya. Hanya Sylva FC yang menyatakan siap, sedangkan klub yang lain tidak hadir,” jelas Leo.

Selain itu Leonard menambahkan, khusus untuk PSMTW telah lebih dulu menyatakan batal mengikuti Liga 3 Zona Kalteng dan telah menyampaikan surat resmi.

Liga 3 Zona Kalteng seyogyanya akan diikuti tujuh peserta yang terbagi dalam 2 grup, yakni di Grup A Barsel FC, Adhyaksa FC, Silva Kalteng FC dan Persepar Palangka Raya. Sedangkan di Grup B PSMTW Muara Teweh, Persemas Jenamas dan Kalimantang Persemura.

Pelaksanaan kompetisi ini berujung kekisruhan setelah Asprov PSSI Kalteng mengalihkan lokasi tuan rumah. Semula Liga 3 Zona Kalteng direncanakan digelar di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara serta dijadwalkan kick off pada 28 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Kemudian tiba-tiba dialihkan ke Kota Palangka Raya dan akan digelar pada 3-9 Januari 2022. (han)