Hajar Malaysia, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF

Hajar Malaysia, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020
Pesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kiri) berusaha melewati pesepak bola Timnas Malaysia Putera Nadher (kanan) dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia menang dengan skor 4-1 dan lolos ke babak semi final Piala AFF. (Foto: Humas PSSI)

Kaltenghits.com – Tim nasional Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B setelah melibas Malaysia dengan skor 4-1 dalam laga pamungkas fase grup di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam.

Gol-gol Indonesia dilesakkan oleh Irfan Jaya (dua gol), Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Sementara Malaysia membuat skor via Kogileswaran Raj.

Di semifinal, Indonesia akan melawan tim peringkat kedua Grup A, Singapura. Prestasi di Piala AFF 2020 ini sekaligus memperbaiki pencapaian saat Piala AFF 2018 di mana Indonesia gagal melaju dari penyisihan grup.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk tampil menyerang dan menekan Malaysia sejak menit pertama

Mengandalkan pemain menyerang seperti Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya dan Ezra Walian, Indonesia kerap kali membuat Malaysia kesulitan pada 10 menit awal. Bek Pratama Arhan bahkan sudah membuat percobaan ke gawang pada menit kedua.

Namun, justru Malaysia yang membuka skor lewat tendangan Kogileswaran Raj dari luar kotak penalti, tepatnya menit ke-13. Kogileswaran memanfaatkan kesalahan umpan yang dibuat Irfan Jaya.

Tertinggal satu gol, Indonesia yang membutuhkan setidak-tidaknya hasil imbang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020 terus menggempur pertahanan Malaysia.

Hasilnya, pada menit ke-36, Irfan Jaya membayar kekeliruan yang dibuatnya dengan melesakkan gol setelah mengonversi operan tarik Witan Sulaeman.

Irfan kembali mencatatkan namanya di papan skor tujuh menit kemudian. Gol ini berawal dari pergerakan Pratama Arhan di dalam kotak penalti Malaysia. Arhan mengirimkan umpan ke depan gawang, membentur pemain Malaysia dan bola liar disambar Irfan.

Tak ada lagi gol yang tercipta setelahnya. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai jeda.