Gubernur Kalteng Gelar Pasar Murah Bagi Warga Murung Raya Untuk Tekan Inflasi

Gubernur Kalteng Gelar Pasar Murah Dan Bantuan Sosial Bagi Warga

PURUK CAHU, KaltengHits.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berkomitmen kuat menekan laju inflasi mengatasi kenaikan harga bahan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng serta kebutuhan lainnya.
Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan juga Wakil Gubernur H. Edy Pratowo menggelar pasar murah dan pasar penyeimbang yang dilakukan serentak di kabupaten dan kota.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H. Nuryakin ke Kabupaten Murung Raya melaksanakan pasar murah dan pasar penyeimbang di 3 lokasi berbeda.

“Luar biasa Pak Gubernur. Pak gubernur itu luar biasa ingin melihat betul denyut jantung kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah,” kata Sekda Nuryakin dalam sambutannya saat pasar murah dan pasar penyeimbang di Masjid Agung, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya pada Minggu (17/3/2024) siang.

Sekda Nuryakin menjelaskan kegiatan pasar murah dan pasar penyeimbang ini seperti arahan yang disampaikan Gubernur Sugianto Sabran ke OPD di lingkup pemprov untuk meminimalkan dampak akibat inflasi. Apalagi menjelang hari besar keagamaan harga beras, minyak dan gula mengalami kenaikan.

“Jadi keinginan Pak Gubernur,  bisa meringankan beban yang Bapak dan Ibu rasakan,” tuturnya.

Sekda Nuryakin mengatakan tim berbagi berkah terbagi di beberapa wilayah yaitu wilayah barat yaitu Seruyan, Sukamara, Lamandau, Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat dan barat, Gubernur Sugianto Sabran sebagai koordinator lapangan serta koordinator semua kegiatan.

Di wilayah tengah meliputi Palangka Raya, Gunung Mas, Kapuas, Pulang Pisau dan Katingan, Wakil Gubernur Edy Pratowo koordinatornya. Sedangkan di wilayah Das Barito sebagai koordinatornya adalah Sekda Nuryakin meliputi Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya.

Untuk bantuan berbagi berkah ini sudah 1.420 ton disebarkan ke kabupaten/kota dan untuk Kabupaten Murung Raya sebesar 150 ton dan jika dirupiahkan sebesar Rp 2,7 M dengan estimasi harga beras per kilo Rp 18 ribu.

“Hanya periode pertama masih ada periode selanjutnya. Selama akhir kepemimpinan beliau ini berbagi dengan masyarakat Kalimantan Tengah,” ungkap Sekda Nuryakin.

Sementara itu, Pj Bupati Murung Raya Hermon memberi apresiasi kepada Gubernur Kalimantan Tengah serta Pemprov yang berbagi ke masyarakat Mura.

“Banyak sekali menjadi keberkahan. Dari Pak Gubernur membawa kegiatan yang membahagiakan kita semua,” tandasnya.

Di Kabupaten Murung, ada tiga lokasi yaitu Masjid Agung, Kecamatan Murung, Halaman Balai Desa Mangkahui, dan di Kecamatan Tanah Siang Selatan.

Camat Tanah Siang Selatan Andreas mengucapkan terimakasih pada Gubernur Kalimantan Tengah atas bantuan yang diberikan. Apalagi menurutnya ini bisa membantu warga dan mampu menstabilkan ekonomi hingga dapat menekan laju inflasi.

“Merupakan upaya dalam rangka menekan laju inflasi sehingga dapat meningkatkan perekonomian,” tambahnya. (red)