Gubernur Ajak Pelajar dan Mahasiswa di Kapuas Menjadi Sarjana yang Terampil

Gubernur Ajak Pelajar Dan Mahasiswa Di Kapuas Punya Tekad Kuat
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berdialog dengan pelajar dan mahasiswa Kabupaten Kapuas di Aula Rumah Jabatan Bupati, Sabtu (27/1/2024).

KAPUAS, kaltenghits.com –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) berkomitmen kuat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya adalah dengan pembentukan karakter dan semangat pada generasi muda dalam hal ini pelajar dan mahasiswa.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran didampingi Wakil Gubernur (Wagub) H. Edy Pratowo serta Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran dan Ketua DAD Kalteng yang juga Anggota DPR RI H. Agustiar Sabran bertatap muka dengan pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Kapuas di Aula Rumah Jabatan Bupati pada Sabtu (27/1/2024).

Gubernur menegaskan para generasi muda terutama pelajar dan mahasiswa harus punya tekad yang kuat dan punya keberanian.
“Harus punya tekad kuat, punya keberanian,” kata Gubernur di hadapan ribuan pelajar.

Gubernur juga berpesan ke para pelajar untuk menggapai cita-citanya dengan sungguh-sungguh belajar. Gubernur berharap para pelajar dan mahasiswa ini untuk sampai ke jenjang Strata 1 (S-1), Strata 2 (S-2), hingga Strata 3 (S-3). “Harus kuliah, harus S-1, harus S-2,” tegasnya.

Sementara itu, Wagub Kalteng Edy Pratowo dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan Gubernur bertemu dengan para pelajar dan mahasiswa. Bersyukur warga Kapuas, tambah Wagub, adalah warga yang baik, ramah, dan patuh pada pemimpinnya. “Menyapa, bertatap muka, bersilaturahmi dengan mahasiswa dan pelajar di Kabupaten  Kapuas,” ujarnya.

Pemprov Kalteng pada tahun 2024 menyasar sekitar 20 ribu mahasiswa-mahasiswi kurang mampu, berprestasi, dan dalam tahap penyelesaian tugas akhir untuk mendapat bantuan beasiswa dari pemerintah melalui program Tabungan Beasiswa BERKAH (TABE). Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meluncurkan program TABE ini sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas SDM.

Sebagai informasi, aplikasi TABE merupakan sistem pendataan calon peserta penerima bantuan Tabungan Beasiswa BERKAH. Setiap penerima bantuan ini mendapat beasiswa sekitar Rp 7,5 juta.

Program TABE juga memberikan kesempatan dan akses bagi mahasiswa wirausahawan muda untuk menggapai cita-cita dalam meraih pendidikan yang lebih baik serta mewujudkan kemandirian ekonomi dan menciptakan peluang usaha maupun lapangan kerja baru. (red/BA)