Fokus Pembangunan Kalteng di Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan

Wagub: Fokus Pembangunan Kalteng Di Infrastruktur, Pendidikan, Dan Kesehatan
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dalam kegiatan pembukaan Rakordalev yang digelar di Aula Bappedalitbang Kalteng pada Kamis (4/7/2024).

PALANGKA RAYA, Kaltenghits.com – Fokus Pembangunan Kalimantan Tengah tahun 2024 adalah infrastruktur; pendidikan, kesehatan, serta perekonomian secara luas.

Program multiyears infrastruktur Provinsi Kalimantan Tengah masih berjalan hingga saat ini, untuk pembangunan dan peningkatan beberapa ruas jalan membuka isolasi daerah dan menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Ke depan program pembangunan infrastruktur tetap kita prioritaskan (pembangunan jalan, jembatan, irigasi, pengembangan pelabuhan udara dan pembangunan pelabuhan laut) dengan pagu indikatif tahun 2022-2024 sebesar 2,1 Triliun Rupiah,” kata Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dalam kegiatan pembukaan Rakordalev yang digelar di Aula Bappedalitbang Kalteng pada Kamis (4/7/2024).

Wagub mengungkapkan di bidang pendidikan, Provinsi Kalimantan Tengah mendukung peningkatan sumber daya manusia dengan telah memberikan bantuan sosial fungsi pendidikan kepada putra/putri Provinsi Kalimantan Tengah yang berprestasi dan kurang mampu.

Di bidang kesehatan, Provinsi Kalimantan Tengah cukup baik. Capaian yang baik itu adalah berdirinya rumah sakit Provinsi yakni RSUD Hanau.

“Kemudian, sampai semester I tahun 2024 ini cakupan kepesertaan JKN sudah mencapai  98,38 persen artinya target RKPD sudah tercapai, kondisi rumah sakit terakreditasi sudah 100 persen,” ungkapnya.

Sebagai kepala daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Wagub mengajak semua pihak tetap semangat bekerja untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang lebih baik karena pada hakekatnya pembangunan adalah untuk masyarakat sejahtera.

Indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2023 sebesar 73,73. Hal ini dunia sebagai capaian yang bagus karena sudah melampaui target RKPD tahun 2024 dam masuk IPM kategori tinggi Tingkat pengangguran terbuka pada Februari 2024 sebesar 3,67 persen, sudah hampir menyamai target RKPD tahun 2024 walaupun capaian TPT ini biasanya fluktuatif. (red/BA)