Empat Kelurahan di Kota Palangka Raya Rawan Banjir

Ada Sejumlah Titik Di Palangka Raya Rawan Banjir

Palangka Raya, kaltenghits.com  – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Hendrikus Satria Budi mengatakan, ada beberapa titik di wilayah kota setempat yang rawan terjadi banjir.

Adapun berdasarkan hasil pemetaan lapangan oleh BPBD Palangka Raya, maka titik wilayah rawan banjir di ibukota Provinsi Kalteng itu tersebar di Kelurahan Bereng Bengkel, Palangka, Petuk Katimpun, dan Kelurahan Marang.

“Khusus kawasan rawan banjir di Kelurahan Palangka kerap terjadi di Jalan Mendawai, Jalan Anoi, dan Jalan Pelatuk,” sebut Budi, Minggu (28/1/2024) di Palangka Raya.

Patut disyukuri lanjut dia, dalam beberapa tahun terakhir initidak terjadi banjir skala besar di daerah rawan banjir Palangka Raya tersebut, sebab intensitas curah hujan yang tidak terlalu tinggi. Namun demikian, kalaupun terjadi banjir di kawasan banjir itu masih belum sampai merendam rumah penduduk. Air hanya menggenangi jalan, sehingga aktivitas masyarakat relatif tidak terganggu.

“Kami terus berupaya memitigasi bencana alam tersebut. Di antaranya dengan memantau titik yang tergenang, melakukan kaji cepat dan mengimbau masyarakat supaya mewaspadai bahaya banjir,” tukas Budi.

Selain itu mitigasi imbuh dia, salah satunya terkonsentrasi dengan pembersihan drainase, baik primer, sekunder, maupun tersier, yang dilakukan bersama perangkat daerah teknis lainnya. (im/red)