Ciptakan Stabilisasi Harga Menjelang Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Ciptakan Stabilisasi Harga Menjelang Ramadan Dan Idulfitri 1445 H

PALANGKA RAYA, Kaltenghits.com – Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu memimpin rapat koordinasi High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Palangka Raya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1445 H di aula Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya, Kamis (7/3/2024).

Rapat ini bertujuan menciptakan stabilitas harga yang menguntungkan bagi masyarakat Kota Palangka Raya menjelang bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri merupakan momen yang penuh berkah dan kegembiraan bagi umat Islam. Momen ini tidak hanya menjadi waktu spiritual yang suci bagi umat Islam, tetapi juga merupakan periode yang sangat signifikan dalam kehidupan masyarakat secara ekonomi.

“Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok menjelang dan selama periode tersebut,” ucap Hera.

Upaya ini tidak hanya akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat, tetapi juga akan meningkatkan kebahagiaan dan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa hingga merayakan hari kemenangan bersama keluarga dan kerabat.

Hera Nugrahayu menuturkan dalam menghadapi tantangan inflasi yang mungkin timbul menjelang bulan Ramadan dan Idulfitri, perlu untuk bersama-sama merancang strategi yang efektif dan terarah.

“Langkah-langkah preventif dan proaktif harus diambil untuk memastikan stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Palangka Raya tetap terjaga. Ini termasuk pengendalian harga-harga pokok, pemantauan pasokan barang, serta peningkatan koordinasi antara pemerintah daerah, pelaku usaha, dan seluruh pemangku kepentingan terkait,” tuturnya.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, dirinya mengajak TPID Kota Palangka Raya, baik dari pemerintah kota, pelaku usaha, maupun unsur masyarakat, untuk terus berkoordinasi secara sinergis dan berkomitmen tinggi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi lonjakan harga, pergerakan pasar, serta berbagai tantangan lain yang mungkin timbul.

“Melalui High Level Meeting ini, diharapkan dapat diciptakan kerangka kerja yang kokoh dan terintegrasi untuk mengendalikan inflasi di Kota Palangka Raya dengan efektif, sehingga stabilitas harga dapat dipertahankan dan kesejahteraan masyarakat terjamin, khususnya menjelang momen penting seperti bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri,” harapnya.

Dalam rapat ini turut dihadiri kepala perwakilan BI, Perwakilan Kajari, Perum Bulog Divisi Regional Kalimantan Tengah, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I, Kepala BPS Kota Palangka Raya, Pimpinan Pertamina Patra Niaga Kalimantan Tengah, serta unsur pimpinan Perangkat Daerah Pemkot Palangka Raya. (im/red)