Camat dan Lurah Memiliki Peran Penting Cegah Stunting di Masyarakat

Pj Wali Kota : Camat Dan Lurah Memiliki Peran Penting

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com – Sebagai perpanjangan tangan pemerintah di tingkat lokal, Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, mengingatkan pentingnya peran camat dan lurah dalam upaya pencegahan stunting.

“Camat dan lurah adalah ujung tombak dalam menjangkau masyarakat secara langsung. Oleh karena itu mereka memiliki peran yang krusial dalam upaya pencegahan stunting,” kata Hera, Senin (29/4/2024).

Hera juga menekankan perlunya pendekatan proaktif dalam memantau kondisi kesehatan masyarakat, khususnya calon ibu dan anak.

“Kami membutuhkan pendekatan yang lebih proaktif dalam mendeteksi dan mencegah kasus stunting. Camat dan lurah dapat berperan sebagai penggerak untuk memastikan bahwa setiap warga mendapatkan perhatian yang tepat,” ucapnya.

Selain memantau kondisi kesehatan, Hera juga mengingatkan camat dan lurah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pola makan sehat dan menjaga kesehatan pra-kehamilan.

“Edukasi adalah kunci untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya stunting dan langkah-langkah pencegahannya,” tambahnya.

Hera menegaskan bahwa Pemko terus mendukung upaya camat dan lurah dalam pencegahan stunting melalui program bapak asuh yang melibatkan semua perangkat daerah di lingkup Pemko Palangka Raya. (im/red)