Bawaslu Lantik 15 Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Palangka Raya

Bawaslu Kota Palangka Raya Lantik 15 Panwaslu Kecamatan

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya, Endrawati melantik 15 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan se-Kota Palangka Raya, Jumat (24/5/2024).

Acara pelantikan yang berlangsung di Aula Swiss-bellhotel Danum Palangka Raya ini dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini.

Dalam sambutannya, Endrawati menyampaikan bahwa para anggota Panwaslu yang dilantik telah melalui proses seleksi dan evaluasi yang ketat untuk memastikan mereka memiliki kapasitas dan integritas dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu di tingkat kecamatan.

“Kami berharap para anggota yang dilantik hari ini dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan menjaga netralitas serta profesionalisme dalam melaksanakan tugas pengawasan,” ujar Endrawati.
Endrawati juga mengingatkan para anggota Panwaslu tentang tantangan yang akan mereka hadapi selama masa pemilu. Ia menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi yang baik antara Panwaslu, KPU, serta instansi terkait lainnya.

“Sinergi yang baik antara semua pihak akan sangat membantu dalam menciptakan pemilu yang tertib dan teratur,” tambahnya.

Sementara itu, mewakili Pj Wali Kota Palangka Raya, Pj Sekda Kota Palangka Raya, Achmad Zaini juga menyampaikan harapannya agar Panwaslu yang baru dilantik dapat berkontribusi positif dalam menciptakan pemilu yang jujur, adil, dan demokratis di Kota Palangka Raya.

Selain itu, Achmad Zaini menekankan bahwa peran Panwaslu tidak hanya sebatas mengawasi pelaksanaan pemilu, tetapi juga berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi.

“Tugas Panwaslu bukan hanya mengawasi, tetapi juga mengedukasi masyarakat agar lebih memahami hak dan kewajibannya dalam pemilu,” pungkasnya. (im/red)