2 Pasien Omicron di Indonesia Meninggal

ilustrasi omicron di indonesia istockphoto

Kaltenghits.com – Kementerian Kesehatan RI mengumumkan kabar kurang menyenangkan soal kasus Omicron di Indonesia. Dua pasien terkonfirmasi Omicron dinyatakan meninggal dunia.

“Satu kasus merupakan transmisi lokal. Meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), meninggal di RSPI Sulianti Saroso,” ucap juru bicara Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengutip keterangan Sehat Negeriku dilansir Liputan6, Sabtu (22/1/2022).

Informasi ini baru diketahui Nadia pada sore ini. Kedua orang tersebut juga memiliki riwayat komorbid.

“Salah satu belum divaksin dan satu lagi memiliki multikomorbid (lebih dari satu komorbid) yang tidak terkontrol,” kata Nadia.

Kasus Omicron di Indonesia memang terus mengalami kenaikan yang didominasi oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Sejak 15 Desember 2021 hingga 21 Januari 2022 tercatat sudah ada 1.161 orang terkonfirmasi varian Omicron. Dari angka itu, 831 kasus datang dari PPLN serta 282 transmisi lokal dan 48 unknown.

“Dari sisi kedatangan terbanyak dari Arab Saudi (147 orang) terutama para pekerja migran Indonesia. Sementara yang dari Turki (127 orang) adalah wisatawan,” kata Nadia

Sementara itu, hari ini (22/1/2022), kasus harian COVID-19 bertambah 3.205. Lalu, ada 627 kasus sembuh, dan 5 kasus meninggal akibat terpapar COVID-19.

Kenaikan kasus baru konfirmasi merupakan implikasi dari peningkatan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia.