Puluhan Bayi Positif Covid-19

ilustrasi bayi positif covid pixabay

Kaltenghits.com – Indonesia disebut memasuki gelombang ketiga wabah Covid-19. Di tengah lonjakan varian Omicron. Dari ribuan orang terkonfirmasi positif, di antaranya juga terdapat puluhan bayi positif Covid-19 yang usianya masih di bawah satu tahun.

Satuan Tugas Pencegahan COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 44 bayi positif Covid-19 di daerah itu terkonfirmasi positif COVID-19.

“Dari 127 kasus aktif COVID-19, terdapat sebanyak 44 bayi atau anak usia di bawah satu tahun berasal dari sejumlah wilayah kecamatan,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat Kabupaten Bangka, Minggu (14/2/2022).

Boy Yandra mengatakan bayi yang terinfeksi COVID-19 semua berasal dari penularan lokal atau dari orang-orang terdekat yang terlebih dahulu dinyatakan positif COVID-19.

“Semua bayi yang positif COVID-19 saat ini menjalani perawatan intensif dari tim kesehatan dengan harapan segera sembuh,” jelasnya, dilansir Liputan6 dari Antara.

Berdasarkan data perkembangan kasus COVID-19 Kabupaten Bangka, sejak ditemukan kasus COVID-19 selama dua tahun terdata total kasus mencapai 9.985 kasus, 9.494 sembuh, 364 meninggal dunia dan masih terdapat 127 pasien aktif COVID-19.

“Ratusan pasien aktif COVID-19 mendapat perawatan baik di rumah sakit yang ditunjuk maupun di balai isolasi terpadu yang disediakan pemerintah daerah,” ujarnya.

Dia mengingatkan masyarakat harus meningkatkan disiplin protokol kesehatan seperti wajib memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak atau menghindari kerumunan serta rutin mencuci tangan dengan sabun.

“Selain harus disiplin menerapkan prokes, bagi masyarakat yang belum mendapatkan layanan vaksin hendaknya segera mendaftar di gerai layanan vaksin terdekat,” kata Boy Yandra.