Pemprov Kalteng Ajak Masyarakat Merawat Kebhinekaan dan Kerukunan Antar Umat

Pemprov Kalteng Ajak Masyarakat Merawat Kebhinekaan Dan Kerukunan Antar Umat.jpg
Staf Ahli Gubernur (SAG) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko
PALANGKA RAYA , kaltenghits.com – Kerukunan antar umat beragama salah satu modal utama dalam menciptakan kerukunan nasional. Dengan terciptanya kerukunan antar umat maka cita-cita Indonesia dan khususnya Kalimantan Tengah untuk menjadi bangsa yang maju dan sejahtera dapat terwujud.

Hadir mewakili Gubernur dalam kegiatan Dialog Nasional Kerukunan Antar Umat Beragama sekaligus membuka kegiatan tersebut adalah Staf Ahli Gubernur (SAG) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko.

“Kerukunan merupakan kekuatan utama untuk mendukung keberhasilan program-program pembangunan. Karena itu, kerukunan antar umat beragama harus terus kita jaga dan pupuk bersama, sehingga Kalimantan Tengah selalu dalam kondisi aman,kondusif, dan harmoni,” kata Yuas saat membaca sambutan Gubernur di Aula Serbaguna IAHN Tampung Penyang Palangka Raya, Kamis (6/4/2023).

Apalagi kata Yuas masih dalam sambutan yang dibacakannya, saat ini menjelang Pemilu dan Pilkada serentak pada Tahun 2024 mendatang.

Menjadi harapan bersama tambahnya, kegiatan  ini bisa menjadi forum dialog dan sekaligus diskusi terhadap berbagai permasalahan dan sekaligus menemukan solusi konstruktif untuk terus memperkuat kerukunan antarumat beragama di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kerukunan antarumat beragama dilandasi dengan semangat toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya, dan kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yuas menuturkan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi Dialog Nasional Kerukunan Antarumat Beragama, yang diinisiasi Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Tampung Penyang.

“Mengajak semua masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya yang hadir dalam kegiatan ini, untuk terus bersama-sama, bersatu padu memelihara kerukunan dan keharmonisan umat beragama di seluruh wilayah kabupaten/kota di Kalimantan Tengah,” tegasnya.

Hal senada juga diharapkan Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kalteng H. Noor Fahmi dalam sambutannya. Noor Fahmi mengungkapkan harapannya semua pihak bekerjasama menjaga kerukunan umat beragama di Kalteng.

“Mari kita semua tokoh agama tokoh masyarakat berperan menciptakan kondisi kondusif, menciptakan harmonisasi antar umat beragama,” tandasnya. (BA/red)