Legislator Kalteng Dukung Program Pengadaan Sertifikat Halal Pelaku UMKM

Abdul Rasyid
Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Haji Achmad Rasyid

PALANGKA RAYA, kaltenghits.com –  Adanya himbauan kepada para pelaku UMKM dan Pedagang Kaki Lima memiliki sertifikat Halal pada usahanya membuat Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Haji Achmad Rasyid mendukung adanya program ini.

Hal ini disampaikan oleh Rasyid di ruang kerja Komisi Dua pada Senin pagi (5/02/2024), Rasyid mengatakan, saat bagus jika ada sertifikat halal pada para pelaku pedagang makanan minuman termasuk para UMKM dan Pedagang Kaki Lima ini nantinya namun harus dilakukan secara bertahap.

Rasyid menambahkan, hal ini diberlakukan karena Indonesia merupakan dengan jumlah masyarakat yang beragama Islam sebanyak 80 persen dan agar masyarakat tidak merasa ragu dan bimbang untuk membeli makanan dan minuman.

Menurut Rasyid, adanya program ini jangan sampai membuat para pelaku UMKM dan Pedagang Kaki Lima dibuat sulit dalam membuat proses perizinan pembuatan Sertifikasi Halal seperti proses yang bertele-tele dan memakan biaya cukup besar.

Rasyid juga menambahkan, hal seperti ini sangat bagus apabila program ini juga diterapkan di Kalimantan Tengah namun harus dilakukan secara bertahap.

Rasyid berharap, program ini mampu diberlakukan dengan baik agar masyarakat tidak perlu khawatir untuk berbelanja makanan dan minuman dimanapun dan kapanpun. (red)