Dukung Ekspansi Jaringan Cekfakta, Google Kucurkan Bantuan Rp11,6 Miliar

Anggota Cekfakta di acara Trusted Media Summit 2018
Anggota Cekfakta di acara Trusted Media Summit 2018. (Foto: Google)

Kaltenghits – Google memperluas dukungannya untuk Cekfakta dengan memberikan bantuan pendanaan sebesar 11.6 miliar rupiah (US$815.000) agar makin banyak organisasi dapat bergabung ke jaringan pengecek fakta yang diluncurkan pada 2018 bersama 24 partner media ini.

Pendanaan ini akan membantu 35 media lokal lainnya untuk bergabung menjadi anggota tetap jaringan Cekfakta melalui serangkaian pelatihan, program capacity building, dan program beasiswa. Cekfakta juga akan bekerja sama dengan 10 jaringan radio untuk memperluas cakupan pengecekan fakta ke berbagai stasiun radio.

“Kami sangat memperhatikan dampak misinformasi selama pandemi karena ada banyak orang mencari data yang kredibel, serta informasi dan kabar terbaru mengenai kesehatan,” kata Irene Jay Liu, News Lab Lead untuk Google Asia Pacific. “Kami senang dapat melanjutkan dukungan kami untuk inisiatif penting ini selama beberapa beberapa tahun ke depan dan juga turut senang dengan bertambahnya anggota jaringan pengecek fakta ini.

Google News Initiative adalah salah satu pendukung dan pendiri Cekfakta bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Sebagai bagian dari proyek ini, Cekfakta akan berupaya meningkatkan jangkauan pengecekan fakta, menggunakan riset dan teknologi untuk menyajikan konten dengan lebih baik dan membuatnya lebih mudah diakses oleh masyarakat luas.

Cekfakta juga akan mendukung upaya peningkatan literasi media, termasuk melakukan kerja sama untuk mendukung dimasukkannya cek fakta dan literasi berita ke dalam kurikulum pendidikan, serta menyediakan alat dan sumber daya untuk membantu melindungi pengecek fakta dari tindak pelecehan dan kekerasan.

“Proyek Cekfakta.com terbukti berperan penting dalam mencegah meluasnya misinformasi dan disinformasi saat musim pemilu lalu, berkat kerja sama yang unik antara jurnalis, media digital, dan masyarakat sipil,” ucap Wahyu Dhyatmika, Sekretaris Jenderal AMSI dan CEO Tempo Digital. “Dengan dukungan GNI, Cekfakta.com akan mampu mempertahankan dan meningkatkan peranannya dalam pemilu 2024 mendatang.”

Untuk menyongsong masa depan, Cekfakta telah merilis buku panduan berisi praktik terbaik yang dapat disebarluaskan ke berbagai organisasi baik di Indonesia maupun di luar negeri, guna mencegah penyebaran misinformasi termasuk seputar pemilu dan COVID-19.

infografik google dukung cek fakta

Google bertujuan untuk menyediakan informasi yang berguna dan mudah diakses, serta berkomitmen untuk menghubungkan pengguna ke informasi resmi dari media berita yang sah dan lembaga tepercaya.

“Investasi ini merupakan pelengkap yang bagus terhadap upaya berkelanjutan yang telah kami lakukan untuk mendukung industri berita, yakni melalui program dan pelatihan, guna membantu penerbit skala besar maupun kecil beralih ke model bisnis yang efektif,” ucap Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia.

“Kami menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan industri berita serta berkomitmen untuk membantu memastikan keberlanjutan penerbit dan jurnalis Indonesia.”