Resep Kue Dahlia Lembut, Empuk, & Lezat di Mulut

Resep Kue Dahlia Lembut, Empuk, & Lezat Di Mulut

Kue dahlia merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya. Kue ini biasanya terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan bahan-bahan lainnya yang diaduk hingga tercampur rata, kemudian dipanggang hingga matang.Sekilas Tentang Kue DahliaKue dahlia memiliki tekstur yang renyah dan rasanya yang manis, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai cemilan atau hidangan penutup di berbagai acara.

Selain itu, kue dahlia juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari daerah Jawa Barat.Untuk membuat kue dahlia yang lezat, diperlukan bahan-bahan yang berkualitas dan teknik yang tepat. Salah satu cara untuk membuat kue dahlia yang enak adalah dengan menggunakan mentega sebagai bahan pengganti margarin atau minyak. Hal ini akan membuat kue lebih gurih dan lezat.Selain itu, pemilihan tepung terigu yang tepat juga menjadi kunci keberhasilan dalam membuat kue dahlia yang lezat. Tepung terigu yang baik adalah tepung terigu yang memiliki kadar protein tinggi, sehingga dapat menghasilkan kue yang lebih kenyal dan tidak mudah hancur.

Kandungan Gizi dalam Kue DahliaKue dahlia adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Kue ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah, sehingga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Namun, bagi mereka yang ingin menjaga asupan kalori, perlu mengetahui berapa banyak kalori yang terkandung dalam kue dahlia.Berikut ini adalah kandungan gizi dalam 100 gram kue dahlia:NutrisiJumlahKalori386 kcal Protein5,6 gram Lemak20,6 gramKarbohidrat43,2 gramSerat0,9 gramKalsium35 mgZat Besi1,8 mg Natrium187 mg Kalium 75 mg Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa kue dahlia mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan juga lemak yang lumayan tinggi.

Namun, kue dahlia juga mengandung protein yang cukup, meskipun tidak sebanyak karbohidrat dan lemak. Selain itu, kue dahlia juga mengandung kalsium dan zat besi yang berguna bagi kesehatan tulang dan darah.Bagi Sobat Kuliner yang ingin mengurangi asupan lemak dan karbohidrat, dapat memperhatikan jumlah mentega dan gula yang digunakan dalam resep kue dahlia. Mengurangi jumlah mentega dapat membantu mengurangi jumlah lemak dalam kue dahlia, sedangkan mengurangi jumlah gula dapat membantu mengurangi jumlah karbohidrat dalam kue dahlia.Resep Kue DahliaKue Dahlia
Kuliner KotaPrep Time 1 hrCook Time 1 hr 30 minsCourse SnackCuisine Indonesian200 gram gula halus ayak275 gram mentega100 gram margarin3 buah telur ayam kuningnya sajaAyak Bahan:500 gram tepung terigu protein sedang1 sendok makan susu fullcream2 sendok makan tepung maizena1/2 sendok teh vanili bubuk Bahan hiasan secukupnya chocolate chips secukupnya selai strawberry secukupnya sukade secukupnya manisan ceri Letakkan mentega, margarin, dan gula ke dalam sebuah mangkuk. Gunakan mikser dengan kecepatan rendah untuk mencampurkan bahan-bahan tersebut.Setelah tercampur, tingkatkan kecepatan mikser menjadi sedang dan kocok adonan sebentar hingga tercampur rata.

Masukkan telur satu per satu ke dalam adonan sambil terus dikocok hingga merata.Masukkan tepung terigu secara bertahap ke dalam adonan sambil diaduk dengan pelan hingga semua bahan tercampur rata.Siapkan kantung semprotan kue dan pasangkan spuit bintang.

Semprotkan adonan ke dalam loyang datar dengan jarak yang sesuai. Beri hiasan seperti ceri, sukade atau sedikit selai stroberi di bagian tengahnya.Panggang adonan dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 150°C selama 20 menit.Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin.

Terakhir, kemas kue dalam sebuah wadah yang kedap udara.Keyword kue dahlia, kue lebaranBaca juga: 6 Resep Kue Lebaran Simple Tanpa Oven, Wajib Dicoba!Nah itu tadi resep kue dahlia yang dapat Sobat Kuliner tiru dan modifikasi di rumah. Semoga membantu dan selamat mencoba ya!