Penculik Anak di Ampah Dihajar Massa, Ini Faktanya

tips cek fakta hoax

Kaltenghits.com – Baru-baru ini beredar sebuah video durasi 30 detik di jejaring sosial, yang memperlihatkan satu orang laki-laki dihajar beberapa orang.

Kemudian video tersebut diberi keterangan bahwa itu orang yang dikeroyok tersebut adalah penculik anak yang di hajar massa di Ampah, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Penculik anak di hjr masa d ampah. Ht2 umba anak kurik ela laya, tun jd tege sindikat, mudus ah anak d masukan dlm karung (Penculik anak dihajar massa di Ampah. Hati-hati anak kecil jangan lengah, ini sudah ada sindikat, modusnya anak dimasukkan dalam karung” demikian di antara narasi yang disertai dalam video yang dibagikan tersebut.

hoax penculikan anak di ampah bartim
Tangkapan layar video hoax penculik anak dihajar massa yang beredar di aplikasi jejaring sosial. (IG Humas Polda Kalteng)

Cek Fakta

Dilansir dari akun Instagram Humas Polda Kalteng, Kapolsek Dusun Tengah jajaran Polres Barito Timur (Bartim) Ipda Supriyadi, menerangkan bahwa di Ampah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, tidak ada kejadian penculikan anak seperti dalam video tersebut.

“Kejadian di video tersebut bukan terjadi di Ampah Kecamatan Dusun Tengah, Bartim. Di wilayah Ampah aman dan kondusif,” tegas Kapolsek saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Minggu (2/1/2022) sore.

Kesimpulan

Video pengeroyokan seseorang yang beredar di berbagai aplikasi jejaring sosial tentang penculik anak yang dihajar massa di Ampah, Kabupaten Barito Timur itu adalah hoax dan tidak benar.