6 Urutan Memakai Skincare yang Benar

6 Urutan Memakai Skincare yang Benar

Kaltenghits.com – Selain memilih produk yang tepat, Anda juga perlu mengetahui urutan memakai skincare yang benar. Sehingga perawatan yang dilakukan dari penggunaan produk skincare mendapatkan hasil yang maksimal.

Semua pasti sepakat bahwa kulit wajah yang sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang. Untuk memiliki hal itu, maka Anda perlu menjaga kesehatan kulit wajah. Salah satunya adalah dengan rutin menggunakan skincare atau produk perawatan kulit.

Pemilihan dan penggunaan skincare yang tepat tak hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit, tetapi juga mencegah munculnya berbagai masalah kulit, seperti jerawat, noda hitam, dan kulit kusam.

Meski begitu, cara pemakaiannya juga perlu diperhatikan agar zat aktif di dalam skincare bisa terserap dengan baik ke dalam kulit. Dengan begitu, manfaatnya pun bisa diperoleh secara optimal.

Nah, untuk mengetahui urutan memakai skincare yang benar, mari simak pembahasannya berikut ini.

Urutan Memakai Skincare yang Benar

Berikut ini adalah urutan memakai skincare yang perlu kamu perhatikan dan terapkan:

1. Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka

Langkah pertama dalam perawatan wajah adalah membersihkan wajah dari minyak, kotoran, dan debu menggunakan sabun cuci muka. Kamu disarankan untuk mencuci wajah minimal 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa menggunakan teknik double cleansing saat membersihkan wajah. Teknik ini diduga mampu membersihkan wajah lebih maksimal.

2. Menggunakan toner

Setelah membersihkan wajah, kamu dapat menggunakan toner untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang masih menempel di wajah. Selain itu, penggunaan toner juga bisa mengembalikan pH kulit wajah. Kamu bisa menggunakan kapas dan mengusapnya secara lembut ke seluruh bagian wajah.

3. Menggunakan serum

Setelah menggunakan toner, kamu bisa menggunakan serum untuk menutrisi kulit sehingga kulit pun tampak lebih sehat. Bahkan, beberapa serum memiliki formula khusus untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kerutan, jerawat, dan kulit kering.

Kamu bisa menepuk-nepuk wajah secara perlahan setelah menggunakan serum agar dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.

4. Menggunakan krim penghilang noda hitam

Jika kamu memiliki noda hitam atau bekas jerawat, kamu bisa menggunakan krim ini setelah menggunakan serum. Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan sulfur dan asam salisilat untuk mengurangi flek, bahkan mencegah jerawat muncul kembali.

5. Menggunakan pelembap wajah

Urutan memakai skincare selanjutnya adalah menggunakan moisturizer atau pelembap untuk menenangkan dan menjaga kelembapan kulit wajah. Tak hanya untuk kulit kering, pemakaian pelembap juga diperlukan oleh pemilik kulit berminyak. Namun, pastikan kamu memakai pelembap dengan label noncomedogenic.

6. Menggunakan tabir surya

Urutan memakai skincare yang tidak kalah penting adalah menggunakan tabir surya. Penggunaaan tabir surya merupakan hal yang wajib kamu lakukan setiap harinya, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini karena tabir surya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau sinar UV yang berlebihan.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kamu disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Selain menggunakan skincare secara rutin untuk menunjang kesehatan kulit, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan mencukupi waktu istirahat guna mendapatkan kulit yang bersih dan sehat.

Perlu diingat kembali bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus rutin dan memperhatikan urutan memakai skincare yang benar. Selain itu, kamu juga harus memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya.

Bila kamu masih memiliki pertanyaan seputar urutan memakai skincare yang benar atau bingung memilih produk skincare yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.