Didiagnosis Aphasia, Bruce Willis Mundur dari Dunia Akting

Didiagnosis Aphasia, Bruce Willis Mundur dari Dunia Akting
Bruce Willis didiagnosis mengidap Aphasia

Kaltenghits.com – Aktor laga Bruce Willis memutuskan akan pensiun dari dunia akting. Pernyataan itu di akun media sosial keluarganya yang menjelaskan kondisi terkini Bruce setelah ia didiagnosis dokter menderita aphasia.

“Willis telah mengalami beberapa masalah kesehatan dan baru-baru ini didiagnosis menderita aphasia, yang memengaruhi kemampuan kognitifnya. Sebagai hasil dari ini dan dengan banyak pertimbangan, Bruce menjauh dari karier yang sangat berarti baginya,” tulis pernyataan keluarga Bruce Willis, dikutip The Guardian, Kamis (31/3/2022).

Dituliskan pula bahwa keluarganya sangat menyayangi Bruce Willis dan mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk kesembuhannya.

“Ini adalah waktu yang sangat menantang bagi keluarga kami dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan Anda yang berkelanjutan. Kami bergerak melalui ini sebagai unit keluarga yang kuat, dan ingin membawa penggemarnya karena kami tahu betapa berartinya dia bagi Anda, seperti yang Anda lakukan padanya,” kata pernyataan keluarga Bruce Willis.

“Seperti yang selalu dikatakan Bruce, ‘Hidupkan’ dan bersama-sama kami berencana untuk melakukan hal itu,” sambungnya.

Bruce Willis sendiri merayakan ulang tahun ke-67 pada 19 Maret 2022. Di usia kepala enam, ia tetap produktif di lokasi syuting. Sepanjang 2021 misalnya, ia merilis delapan film.

Bruce Willis terkenal melalui acara TV Moonlighting, sebelum membuktikan dirinya sebagai bintang aksi produktif yang dikenal karena penyampaiannya yang masam.

Selain film Die Hard, ia juga memenangkan pujian untuk perannya dalam film-film seperti Pulp Fiction, The Fifth Element, The Last Boy Scout, Twelve Monkeys, The Sixth Sense, Looper dan Moonrise Kingdom.

Salah satu bintang paling bankable 1980-an dan 1990-an, Willis juga mengukir ceruk substansial dalam komedi keluarga, terutama menyuarakan bayi di Look Who’s Talking dan sekuelnya.

Bruce Willis juga telah membuat tiga album sebagai penyanyi – cover Under the Boardwalk-nya mencapai No 2 di tangga lagu Inggris – dan membintangi beberapa produksi panggung, membuat debut Broadway-nya pada tahun 2015 dengan kebangkitan Misery.

Penyakit Aphasia

Aphasia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada otak. Kondisi ini mempengaruhi fungsi kognitif dan bisa menyebabkan penderitanya mengalami masalah terkait kemampuan bicara, membaca, menulis, atau memahami bahasa.

Aphasia biasanya disebabkan oleh serangan stroke atau cedera kepala. Namun pada beberapa kasus, aphasia juga bisa dipicu oleh penyebab lain seperti tumor otak, infeksi, dan penyakit neurodegeneratif.

“(Aphasia adalah kondisi) ketika seseorang memiliki kesulitan dengan bahasa atau kemampuan bicaranya,” jelas National Health Service (NHS), seperti dilansir Unilad, Kamis (31/3/2022).

NHS mengungkapkan bahwa aphasia bisa memunculkan beberapa gejala. Gejala yang paling kentara adalah kesulitan bicara. Penderita aphasia dapat membuat kesalahan pada kata-kata yang mereka gunakan.

“Bisa terkadang menggunakan pelafalan yang salah untuk sebuah kata, memilih kata yang salah, atau menyusun kata-kata secara tidak tepat,” jelas NHS.

Aphasia memang bisa mengganggu kemampuan seseorang untuk berkomunikasi. Terkadang, penderita tidak menyadari bahwa kalimat yang mereka ucapkan tak masuk akal dan merasa frustrasi ketika lawan bicara tak memahami mereka. Akan tetapi, kondisi ini tidak mempengaruhi kecerdasan penderitanya.

Di samping itu, aphasia bisa terjadi tanpa diiringi dengan masalah lain. Namun, ada kalanya aphasia juga muncul bersamaan dengan gangguan lain seperti kesulitan visual, masalah mobilitas, tungkai lemah, dan masalah lain.

“Masalah pada daya ingat atau kemampuan berpikir,” jelas NHS.