Dijamin Aman, Inilah 7 Tanaman Pengusir Nyamuk

Dijamin Aman, Inilah 7 Tanaman Pengusir Nyamuk
Thyme merupakan salah satu tanaman yang bisa menjadi pengusir nyamuk

Kaltenghits.com – Nyamuk tidak hanya dapat dibasmi dengan obat berbahan kimia, tapi juga bisa diusir dengan tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda tanam sendiri di rumah.

Umumnya, tanaman pengusir nyamuk tidak membunuh hewan menjengkelkan ini. Akan tetapi, tanaman-tanaman tersebut dipercaya memiliki efek untuk mengurangi interaksi nyamuk dengan manusia.

Dengan kata lain, tanaman-tanaman itu bisa mengurangi risiko tergigit serangga dengan nama ilmiah Culicidae, yang dapat menimbulkan penyakit.

Beragam penangkal nyamuk yang dibuat dari berbagai bahan kimia seperti dengan semprotan, oles kulit, atau pula anti nyamuk bakar. Tameng lain, pakai jaring di setiap saluran udara dan menggantung kelambu saat tidur.

Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk

Spesies nyamuk yang ada di dunia saat ini mencapai 2.700 spesies. Kehadiran nyamuk bisa sangat mengganggu.

Serangga ini menjadi salah satu pembunuh terbaik di muka bumi. Pasalnya, nyamuk bisa membawa beragam wabah penyakit, seperti demam berdarah, malaria, atau kaki gajah.

ilustrasi nyamuk pixabay

Nyamuk adalah vektor yang membawa virus dan parasit penyebab penyakit dari 1 orang ke orang lainnya tanpa menunjukkan gejala penyakit pada nyamuk itu  sendiri. Bahkan di Indonesia, angka kejadian demam berdarah dilaporkan meningkat hampir setiap tahun.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menanam tanaman yang mampu mengusir nyamuk di sekitar rumah. Berikut adalah beragam tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda pilih:

1. Serai wangi

Serai wangi memiliki aroma yang segar bagi manusia, tetapi tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini bisa Anda tanam langsung di pekarangan rumah.

Selain bisa ditanam di rumah, ekstrak dengan nama ilmiah Cymbopogon nardus ini juga banyak dijual berbentuk lilin atau losion antinyamuk untuk menghindarkan Anda dari gigitan nyamuk.

2. Lavender

Tidak hanya harum dan indah dipandang mata, menanam bunga lavender di halaman rumah atau pot bunga juga bisa mencegah nyamuk hadir di rumah Anda, lho.

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies