Wali Kota Palangka Raya Ajak Masyarakat Jaga Seni Budaya Lokal

Wali Kota Palangka Raya Ajak Masyarakat Jaga Seni Budaya Lokal
Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin membuka Gelar Seni Budaya tahun 2021 di Aula Disbudparpora, Kamis (25/11/2021)

PALANGKA RAYA, kaltenghits.com – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, kekayaan seni dan budaya sebagai kearifan lokal harus dilestarikan keberadaannya, sehingga tidak punah ditelan oleh waktu.

Fairid Naparin menegaskan, selama ini Pemko Palangka Raya memberikan dukungan dan support dalam upaya terus menjaga, memelihara serta melestarikan seni dan budaya lokal, sebagai bagian dari kecintaan terhadap daerah.

“Sudah seharusnya kita semua menjaga, memelihara, serta melestarikan budaya budaya lokal. Karena budaya lokal harus ditumbuhkembangkan sebagai nilai-nilai sejarah sehingga tidak hilang dan punah ditelan zaman yang terus berubah,” kata Fairid ketika membuka pergelaran seni budaya Kota Palangka Raya Tahun 2021 yang dilaksanakan di Aula Disbudparpora Kota Palangka Raya, Kamis (25/11/2021).

Menurut Fairid Naparin, pelestarian budaya adalah upaya mempertahankan nilai-nilai seni budaya, nilai tradisional dengan mengembangkan perwujudan yang bersifat dinamis, luwes dan selektif, serta menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang selalu berubah dan berkembang.

“Seiring dengan kemajuan zaman seperti ini, kalau kita tidak bijak, maka bisa mengakibatkan budaya lokal tenggelam. Dan kalau tidak dilestarikan, bisa menyebabkan kepunahan bahkan masyarakat kita sendiri banyak yang lupa dengan budaya dan kearifan lokal yang ada Provinsi Kalteng khususnya di Kota kita ini,” ucapnya.

Fairid juga mengajak seluruh masyarakat, pelaku seni maupun para pegiat sanggar, paguyuban terus tetap berkarya dan selalu mengembangkan budaya budaya lokal ini sehingga tetap terjaga kebersihannya. “Kepada para pelaku seni budaya, saya berharap agar terus mengembangkan inovasi dan kreativitasnya dalam melestarikan seni budaya,” ujarnya. (han)