Cara Memperbaiki Akta Kelahiran yang Salah Nama dan Syaratnya

Cara Memperbaiki Akta Kelahiran yang Salah Nama dan Syaratnya

Kaltenghits.com – Cara memperbaiki kesalahan nama di akta kelahiran terkadang membuat orang bingung. Padahal, akta kelahiran merupakan dokumen yang sangat penting untuk dimiliki. Segala bentuk informasi yang terdapat dalam akta kelahiran haruslah sesuai dengan fakta yang ada tanpa kesalahan.

Namun terkadang kesalahan pencantuman data bisa saja terjadi pada penulisan di akta kelahiran. Entah itu kesalahan penulisan tanggal lahir, tempat lahir, ataupun nama. Berikut cara memperbaiki akta kelahiran yang salah nama dan persyaratannya.

Terjadinya kesalahan yang terdapat pada akta kelahiran ini tentu saja tidak bisa diabaikan begitu saja. Hal ini karena akta kelahiran inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai salah satu dokumen rujukan untuk membuat dokumen lainnya.

Jika kesalahan pada akta kelahiran dibiarkan, dapat menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Termasuk juga untuk mengakses layanan publik lainnya, seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Silsilah Keluarga (KSK), dan keperluan yang berkaitan dengan administrasi lainnya.

Semakin cepat Anda mengurus akta kelahiran yang salah tulis nama ini, maka akan semakin kecil pula terjadinya permasalahan karena kesalahan penulisan nama ini.

Syarat Memperbaiki Akta Kelahiran yang Salah Nama

Untuk membenarkan kesalahan nama pada akta kelahiran tentu saja terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Lebih baik Anda memenuhi semua persyaratan terlebih dahulu sebelum melakukan proses perbaikan nama pada akta kelahiran ini.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut syarat memperbaiki akta kelahiran yang salah nama yang harus dipenuhi oleh pemohon sebelum mengajukan proses perbaikan nama pada akta kelahiran.

  • KTP asli maupun yang fotokopi dari si pemohon
  • Kartu Keluarga (KK) pemohon
  • Akta kelahiran yang salah, baik dokumen asli maupun yang telah difotokopi
  • Ijazah SD hingga pendidikan terakhir, baik baik dokumen asli maupun yang telah difotokopi
  • Buku nikah orang tua, baik dokumen asli maupun yang telah difotokopi.

Cara Memperbaiki Akta Kelahiran yang Salah Nama

Jika sudah menyiapkan berkas untuk mengajukan perbaikan penggantian nama di akta kelahiran, maka persyaratan tersebut ditempel meterai Rp10.000 yang sudah dicap di Kantor Pos, begitu juga dengan surat permohonannya.
Nantinya, surat permohonan dapat diberikan tanda tangan pemohon dan difotokopi sebanyak 3 rangkap.

Selain itu jangan lupa untuk memasukkan hasil pengetikan dari surat permohonan penggantian nama di akta kelahiran disimpan di CD, flashdisk, atau penyimpanan yang lain.

Setelah semua persyaratan sudah lengkap, maka Anda tinggal mengurus penggantian nama akte kelahiran di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dukcapil setempat.

Jika semuanya sudah sesuai, maka Anda tinggal menunggu akta kelahiran tersebut jadi.

Demikian cara memperbaiki akta kelahiran yang salah nama dan persyaratannya yang wajib untuk Anda ketahui.