BNNP Kalimantan Tengah Lakukan Skrining Narkoba di Sejumlah THM

BNNP Kalimantan Tengah Lakukan Skrining Narkoba di Sejumlah THM

PALANGKA RAYA, KaltengHits.com — Dalam rangka menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Tengah melakukan skrining narkoba bekerjasama dengan UPT Puskesmas Kereng Bangkirai di tempat hiburan malam (THM) Jalan Mahir Mahar Kota Palangka Raya, Sabtu (19/11/2022) Malam.

Skrining Narkoba yang dilakukan BNNP Kalimantan Tengah menggunakan instrumen ASSIST Ver 3.0, dimana instrumen ini digunakan untuk mengetahui jenis narkoba apa saja yang digunakan klien selama hidupnya dan seberapa tinggi skornya.

Konselor Adiksi Ahli Muda Pada Kantor BNNP Kalimantan Tengah, Nadya Normalia menyampaikan jika skor nya berada dalam kategori rendah hanya di butuhkan edukasi kepada klien, jika kategori sedang sampai tinggi direkomendasikan untuk dapat mengakses layanan rehabilitasi di BNNP Kalimantan Tengah agar mendapatkan pengobatan/perawatan yang intensif.

“Dari hasil pemeriksaan tersebut ada 10 orang yang kami rekomendasikan untuk dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut di Klinik BNNP Kalimantan Tengah,” terang Nadya.

Nadya berharap kegiatan ini ke depannya secara rutin dilakukan. Sehingga dapat mengidentifikasi pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba serta memfasilitasi pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba mengakses layanan yang dibutuhkan. (Im)