Cara Mengatasi Gagal Login Akun SIMPKB di PPG Kemdikbud

Cara Mengatasi Gagal Login Akun SIMPKB di PPG Kemdikbud

Kaltenghits.com – Apakah Anda pernah gagal login di PPG Kemendikbud? Sehingga Anda tidak bisa masuk ke akun SIMPKB di laman ppg.kemdikbud.go.id.

Jika Anda mengalami hal itu, Anda tidak perlu panik atau khawatir. Berikut akan kita ulas bagaimana cara mengatasi tidak bisa login ke akun SIMPKB di laman ppg.kemdikbud.go.id

Seperti diketahui, Kemendikbud Ristek mulai membuka pendaftaran dan seleksi administrasi pendidikan profesi guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2022.

PPG  adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan atau pendidikan menengah.

Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

PPG Dalam Jabatan diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti: (1) kualifikasi di bawah standar (under qualification), dan (2) guru-guru yang kurang kompeten (low competence). Selain itu, guru di era revolusi industri 4.0 harus memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dengan mengintegrasikan critical thinking dan problem solving, communication and colaborative skill, creativity and inovative skill, information and communication technology literacy, contextual learning skill, serta information and media literacy.

PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh pemerintah.

Pendaftaran PPG Dalam Jabatan ini mulai dibuka sejak 10 hingga 25 Februari 2022 melalui website ppg.kemdikbud.go.id.

Jika Anda mengalami kendala dalam login di SIMPKB atau ppg.kemdikbud.go.id, berikut solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Kasus tidak bisa masuk atau login di SIMPKB atau ppg.kemdikbud.go.id bisa dikarenakan akun dan data yang Anda masukkan tengah diperbarui.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengakses akun GTK Anda. Berikut caranya:

  1. Andadapat mengunjungi akun GTK Anda melalui halaman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi
  2. Masukan nomor UKG Anda dan juga masukan tanggal lahir
  3. Selanjutnya silahkan lengkapi data Nomor Peserta UKG dan Tanggal Lahir Anda serta klik konfirmasi “Saya bukan robot”. Jika sudah silahkan klik tombol REGISTER
  4. Lakukan konfirmasi registrasi akun dengan klik tombol Setujui & Cetak
  5. Lakukan cetak dokumen pemberitahuan Akses Layanan dengan klik tombol Save atau Simpan / tombol berwarna biru (Sesuai pengaturan browser Anda)

Jika belum bisa juga, Anda dapat menempuh cara dengan menghubungi Ketua MGMP di wilayah masing-masing atau hubungi operator sekolah.